Nagari VII Koto Talago Bangun Balai Adat, Dengan Bantuan Perantau

SUMBARTIME.COM-Salah satu keistimewaan orang minang adalah ,kepedulian terhadap nagari yang begitu besar, Orang Minang Kabau tidak mengenal dengan istilah merantau Cino, dimana setelah keluar atau pergi dan pindah kesuatu daerah maka tidak akan kembali ke tempat asalnya.

Akan tetapi tidak halnya dengan anak Minang yang pergi merantau falsafah Karatau madang Dahulu Babuah Babungo Balun Ambiak Salibu baok pulang di lasuang logo siangi

Iklan

Karantaulah Bujang dahulu dirumah paguno balun ,Cari Ulemu jo Rasaki baok pulang ,Bangun Kampuang Jo Nagari

Diibaratkan dengan satinggi tingginyo tabang nyo Bangau Baliaknyo Kakubangan juo, Petuah ini sudah tertanam dalam lubuk sanubari setiap anak Minang Kabau yang Pergi Merantau ke negeri Orang.

Berkat kepiawaian seorang Yon Hendri.S.S sang Wali Nagari VII koto Talago membangkitkan semangat anak Nagari, untuk ikut berpartisipasi membangun nagari.

Berawal pada tahun 2011 sang wali Nagari VII Koto Talago mengadakan pertemuan dengan perantau Talago di Jakarta, Dalam pertemuannya itu dibuatlah sebuah MOu, antara wali Nagari dengan perantau yang diwakili oleh ketua-ketua perantau masing masing jorong.

Yang salah salah satu isi Mou itu adalah sang Wali Nagari harus menunjukan kinerja yang bagus dan melaksanakan pemerintahan dengan baik, Hal hasil setelah habis priode pertama pemerintahan Yon Hendri, sang Wali inovatif ini dr pilih kembali jadi Wali Nagari VII KotonTalago .

Kemudian 2015 berdasarkan Mou 2011 inilah kembali wali membangun komunikasi intens dengan perantau, sehingga para perantau mulai mengirimkan sumbangan untuk pembangunan Balai Adat yang Namanya Balai Gontiang Ronah Luak Limopuluah dengan gelar kebesaran Datuaknya .Dt.Bandaro Hitam Rajo ronah Luak Limopuluah.

Menurut Yon Hendri pembangunan Balai Adat ini sudah menelan biaya sekitar 1.5 Milyar dengan kondisi banguanan sekitar 91.% .diperkirakan dana yang dibutuhkan kisaran Rp.500.000.000. lagi baru semua sarana dapat kita penuhi imbuhnya ( siaful Datuak )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here