Bakorpakem Kabupaten Solok Ungkap Dugaaan Aliran Sesat di Sumani

gambar ilustrasi

SUMBARTIME.COM-Adanya sebuah aliran yang diduga sesat serta menyimpang dari pokok ajaran Islam di kawasan Sumani, Kabupaten Solok, diungkapkan oleh pihak Kajari setempat, Kamis (23/7).

Menurut Kepala Kajari Kabupaten Solok Donny H.Setiawan mengatakan, ada aliran baru yang diduga menyimpang dari ajaran Islam di kawasan Sumani. Walau ajarannya berkembang masih dari kaum kerabat serta beberapa keluarga saja, namun aktifitas aliran ini sudah mulai meresahkan masyarakat, paparnya.

Iklan

Lebih jauh Komando Badan Kordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Masyarakat (Bakorpakem), menjelaskan jika aliran yang diduga menyimpang itu guru besarnya berada di Andaleh, kawasan Kota Padang. Pihaknya akan berencana untuk menjalin koordinasi dengan Bakorpakem Padang.

Saat ini Bakorpakem Kabupaten Solok masih menunggu hasil pendalaman dan pendekatan yang dilakukan oleh MUI setempat. Jika dari hasil penelitian MUI itu dipastikan aliran sesat, maka pihaknya akan membubarkan kelompok tersebut, pungkasnya.

Sementara itu, dari hasil penelusuran serta informasi warga sekitar, dijelaskan jika aliran diduga sesat tersebut dalam beberapa waktu belakangan ini mulai berkembang di beberapa keluarga saja. Aliran yang tidak mengakui Kenabian Muhammad dan hanya mengakui Kenabian Ibrahim tersebut dibawa oleh beberapa murid dari guru besar mereka yang berada di Kota Padang.

Adapun ajaran pokok dari aliran yang diduga menyimpang tersebut, tidak mewajibkan Sholat 5 waktu dengan gerakan tubuh. Selain itu ibadah puasa di bulan ramadhan tidak ada kewajiban dalam pemahaman mereka, akan tetapi cukup dengan menahan serta mengendalikan diri saja.

Sedangkan untuk ibadah Haji cukup hanya ke Kota Pdang saja dan diwakili oleh guru besar saja.

Tentu saja aliran yang diduga menyimpang dan sesat tersebut dan dipahami serta diyakini baru hanya puluhan orang saja, namun bagi warga sekitar ajaran tersebut sudah meresahkan warga. Masyarakat kuatir jika aliran yang diduga menyimpang tersebut jika dibiarkan akan berkembang pesat dilingkungan sekitar dan kawasan lain, papar warga. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here