Wawako Erwin Hadiri Apel Operasi Mantap Brata 2018, untuk Pengamanan Pemilu 2019

Sumbartime.com, Payakumbuh-Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018. Apel dilaksanakan dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019. Apel dilaksanakan di Halaman Markas Polresta Payakumbuh,  Rabu (19/9) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Apel, Kapolresta Payakumbuh, AKBP. Endrastyawan Setyowibowo. Disamping Wawako, turut hadir Bupati Lima Puluh Kota diwakili Sekretaris Daerah, Widya Putra, serta perwakilan unsur Forkopimda Kota Payakumbuh lainnya.

Iklan

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Payakumbuh membacakan sambutan Kapolri, Jend. Tito Karnavian. Dikatakan, Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan Pemilu tahun 2019 agar dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan damai.

“Pemolisian di era demokrasi diwujudkan dengan adanya jaminan keamanan dalam penyelenggaraan
berbagai agenda demokrasi, seperti penyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul, serta jaminan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan langsung oleh publik guna memilih Kepala Daerah, Anggota Legislatif, serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI,” ungkap Kapolri dibacakan Kapolres.

Dijelaskan, Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas parlemen/parliamentary threshold sebesar 4%. Kondisi ini akan menuntut pada adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya.

“Dalam kacamata Kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan. Untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholdersterkait lainnya akan menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Mantap Brata 2018”, yang dilaksanakan selama
397 hari, terhitung mulai tanggal 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2019, di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 272.886 personel Polri,” ungkap Kapolri dalam pidatonya.

Selanjutnya Kapolri berpesan agar memperkuat soliditas dan sinergisitas antara TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar, dan damai. Kapolri menghimbau agar TNI dan Polri mampu menjaga netralitas serta terhindar dari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu.

Ditemui usai gelaran Apel, Wakil Walikota Payakumbuh menyambut baik dilaksanakannya Operasi Mantap Brata tersebut. Dikatakan,  Pemerintah Kota Payakumbuh siap bersinergi serta membantu TNI dan Polri dalam mengamankan jalannya pesta demokrasi yang puncaknya akan berlangsung pada tahun 2019 mendatang.

“Kami bersama-sama dengan unsur Forkopimda terus berkordinasi. Kita bertekad memberikan pengamanan yang sebaik-baiknya, supaya Pemilu ini bisa berjalan aman damai dan memberikan manfaat untuk semua,” ujar Wawako Erwin.

Sementara Kapolres, Endrastyawan mengatakan pihaknya siap menjalankan amanat Kapolri untuk menyukseskan operasi Mantap Brata dalam pengamanan pemilu 2019 mendatang.

“Apel pagi ini menunjukkan kesiapan kita menjalankan amanat Kapolri untuk mengamankan Pemilu bersama unsur TNI dan Forkopimda lainnya. Untuk kegiatan ini kita kerahkan 2/3 dari kekuatan kita,  sekitar 300 personil. Mudah mudahan bisa mengamankan proses pemilu kedepan,” pungkas Kapolres. (rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here