Rakor Program Keluarga Harapan WAKO RIZA : PEMKO PAYAKUMBUH SANGAT PEDULI PROGRAM PRO RAKYAT

Payakumbuh,Sumbartime.com-“Urusan masyarakat miskin jangan disepelekan. Hal ini adalah tanggung jawab kita bersama, ” ujar Walikota Riza Falepi dengan tegas. Hal tersebut disampaikan Walikota pada acara pembukaan rapat koordinasi (rakor) Program Keluarga Harapan (PKH) kota Payakumbuh, yang digelar di Aula Lantai III, Komplek Perkantoran Pemko Payakumbuh di Bukik Sibaluik, Senin (20/8).

Dikatakan Wako Riza, dalam visi misi kota Payakumbuh, peningkatan kesejahteraan masyarakat telah tertuang dengan jelas. Dan Pemko akan lebih fokus dan konsern terhadap program-program pro rakyat.

Iklan

“Pada visi dan misi kota Payakumbuh, kami lebih konsern terhadap program-program pro rakyat, pro poor, dan upaya-upaya peningkatan kesejahteraan warga termasuk melalui PKH yang menyentuh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini, ” sebut Riza kemudian.

Kemudian Riza menyebutkan bahwa seluruh program yang direncanakan untuk kegiatan PKH ini perlu adanya koordinasi dan kerjasama dari semua pihak. Sehingga, selama hal tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka kemiskinan bisa diatasi.

“Apa pun program yang direncanakan untuk peningkatan kesejahteraan masayarakat harus perlu koordinasi dan kerjasama semua pihak seperti halnya program PKH ini. Dimana dalam jangka pendek program ini bertujuan agar KPM mampu mengurangi beban pengeluaran, tetapi jangka panjang program ini diharapkan mampu mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat seperti dalam persoalan terhadap kesehatan dan pendidikan anak, ” ujar Wako.

Wako Riza meminta semua pihak yang terlibat program ini untuk mendukung, memonitor serta mengawasi jalannya program ini sesuai harapan.

“Untuk itu, saya meminta semua pihak mendukung program ini, baik layanan pendidikan, kesehatan maupun penyaluran bantuan sosial oleh BRI agar melakukan monitoring dan pengawasan terhadap program ini. Pastikan anak-anak sekolah dan ibu hamil, serta balita mendapatkan pelayanan terbaik, bantuan disalurkan tepat waktu serta perkuat koordinasi antar instansi, ” pinta Wako kemudian.

Selanjutnya diakhir sambutan Walikota mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat terutama kepada kader PKH yang telah berdedikasi dengan baik.

“Teristimewa kepada para pendamping/kader PKH, saya apresiasi dan sampaikan rasa bangga atas atensi dan kinerja selama ini. Mendampingi, mengawasi dan mengedukasi ribuan keluarga bukanlah pekerjaan mudah. Tetap tanamkan rasa kesetiakawanan sosial dan bekerjalah dengan sungguh-sungguh serta berikan pengabdian terbaik,” ungkap Wako Riza apresiasi.

Dipenghujung sambutannya, Wako Riza berterima kasih kepada Menteri Sosial RI yang memberikan Payakumbuh akses terhadap program-program penanggulangan kemiskinan terutama PKH ini.

“Terimakasih kami, kepada Menteri Sosial RI melalui Direktur Jaminan Sosial Keluarga yang memberikan kota Payakumbuh akses terhadap program-program penanggulangan kemiskinan terutama PKH ini. Payakumbuh memiliki cita-cita yang besar yakni mewujudkan masyarakat kota yang sejahtera, ” pungkas Riza mengakhiri.

Selanjutnya Walikota serahkan penghargaan kepada sejumlah keluarga penerima manfaat yang tidak lagi menerima bantuan PKH di tahun 2018 dan penyerahan penghargaan bagi anak-anak PKM yang berprestasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Idris melaporkan bahwa keluarga penerima manfaat PKH di kota Payakumbuh sebanyak 4.147 keluarga dengan estimasi bantuan sosial yang masuk ke kota Payakumbuh sebesar 7,8 Milyar setiap tahunnya melalui program tersebut.

Adapun keluarga yang tidak lagi menerima manfaat dan diberi penghargaan diantara Rosma  dari Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo, Armalinda (Parik Rantang), Vera Ayuanti (Koto Panjang Dalam). Dan siswa berprestasi dari keluarga PKH yang menerima bingkisan adalah Andrika Fajar Pratama (Payolansek) dan Nadila (Koto Panjang Dalam).

Kegiatan rakor PKH diikuti oleh 150 orang peserta yang berasal dari unsur pendidikan, kesehatan dan pendamping program. Narasumber berasal dari Direktorat Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Harapan Kemensos RI dan Koordinator Wilayah II Sumatera Barat.

Selain Walikota dan Kadis Sosial, turut hadir pada acara pembukaan tersebut Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kemensos RI yang diwakili Kasubdit Sumber Daya Kemensos RI, Sulistyaningsih, Kepala Dinas Sosial Prov. Sumbar yang diwakili Kasi Bantuan Sosial Korban Bencana, Iskandar, Koordinator Wilayah PKH Regional II Sumbar, Elsi Ekaputri, Kepala Cabang BRI Payakumbuh, Niki Muhammad Zahab, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, para peserta rakor, hadirin undangan lainnya.(Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here