Psikolog: Tak Selamanya Kesurupan itu Akibat Kerasukan Roh Halus

Gambar ilustrasi

SUMBARTIME.COM-Adanya peristiwa kesurupan yang dialami puluhan siswa dibeberapa sekolah, memunculkan banyak anggapan, salah satunya mengenai hal-hal mistis.

Namun, sebenarnya tidak selalu kesurupan faktor penyebabnya adalah karena hal ghoib. Karena, secara ilmiah dan ilmu kesehatan, kesurupan dapat dijelaskan secara medis.

Iklan

Menurut Risaldi seorang Psikolog, tidak semua kesurupan berawal dari kerasukan roh halus atau jin. Namun menurutnya bisa jadi adanya tekanan tertentu terhadap diri seorang siswa sehingga menimbulkan histeria.

Apalagi mental anak usia remaja masih labil dan rentan akan sesuatu. Jika ada seorang anak yang mengalami tekanan mental hebat, dan tanpa disadari itu bisa menular kepada teman temannya yang lain, karena faktor situasi ketegangan.

Ketika situasi dalam suasana tegang, maka, para siswa di sekitarnya hilang kontrol dan melakukan reaksi seperti menjerit dan kejang kejang. Kebanyakan fenomena tersebut menimpa pelajar perempuan karena mereka cendrung penakut, sehingga tersugesti dan kehilangan daya kontrol, paparnya mengatakan.

Selain itu, lanjutnya lagi, banyak anak anak usia remaja dijejali dengan cerita cerita horor atau menyaksikan tayangan tayangan yang berbau mistis. Sehingga tanpa sadar mereka mempunyai sebuah halusinasi pada minsed berfikir mereka tentang sebuah kekuatan kekuatan yang pada akirnya memberikan rasa takut yang berlebihan.

Untuk itu Risaldi berharap pihak pendidik di sekolah, lebih kontinyu mengasah mental para peserta didik dengan lebih banyak memfokuskan pada pendidikan berkrakter yang dilandasi Imtaq, tutupnya mengatakan. (rd)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here