Marsanova Andesra Sebut Jika ICBS Harau Ilegal

gambar sekolah ICBS di kawasan lembah Harau

SUMBARTIME.COM-Saat diskusi dengan sejumlah awak media, Sabtu (4/1) malam, terkait izin serta lokasi usaha di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota, Marsanova Andersa menyebut jika Pondok Pensantren Insan Cendikia Boarding School (ICBS) yang berlokasi di zona pariwisata Lembah Harau, merupakan sekolah ilegal.

Alasan salah satu anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota ini mengatakan jika sarana pendidikan milik sebuah yayasan tersebut ilegal adalah terkait soal keberadaan bangunan yang belum memiliki izin, ungkapnya kepada beberapa awak media.

Iklan

” ICBS yang berada di kawasan wisata Lembah Harau tersebut belum dan tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB),” ujar Marsanova Andesra.

Siapa yang mengeluarkan izin bangunannya, harusnya pihak Pemkab Kabupaten segera menyelesaikan persoalan yang sudah menjadi rahasia umum ini, timpalnya lagi.

Berita Terkait : ICBS Disentil ICBS Menjawab, Humas : “Kami Telah Berikan Kontribusi Wisata Untuk Lembah Harau”

Menurut Andes panggilan akrab sehari hari politisi Partai PAN tersebut, menjelaskan jika kawasan sekolah terletak di zona kawasan wisata dan daerah kawasan hutan Lindung. Adapun menurut Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) peruntukan kawasan tersebut hanya untuk destinasi wisata, tuturnya.

” Sementara untuk pengelolaan wisata di lembah Harau saja pihak BKSDA sangat melarang pihak pengelola mendirikan bangunan secara bebas disebabkan kawasan tersebut merupakan daerah resapan air. Lalu bagaimana bisa ceritanya ada bangunan sekolah di lokasi kawasan hutan lindung itu,” tanya nya heran.

Andes juga mengaku jika dia telah meminta kepada Kepala Daerah untuk segera menetapkan rencana tata ruang wilayah (RTRW), agar tidak terjadi tumpang tindih mana lokasi wisata, mana lokasi pendidikan.

“Jika alasannya sekolah tersebut banyak mendapatkan pemasukan lalu dibiarkan saja melabrak aturan selama bertahun tahun, tentu akan menjadi preseden buruk kedepannya bagi Pemerintahan Kabupaten. Untuk itu dia berjanji akan segera membahas persoalan ICBS ini dalam rapat intren DPRD,” pungkasnya menutupi pembicaraan. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here