Kapolres Solsel: FKP Wadah Menampung Masukan dan Kritik Masyarakat

SUMBARTIME.COM-Masyarakat Solok Selatan (Solsel) bisa memberi masukan dan kritikan terkait pelayanan polisi kepada masyarakat. Dalam pembuatan SIM, pengurusan SKCK, dan lainnya. Polres Solsel sudah membentuk forum bersama antara masyarakat dan kepolisian, Forum Konsultasi Publik (FKP) Polres Solsel.

Kapolres Solsel, AKBP Imam Yulisdianto, mengatakan Forum Konsulatsi Publik (FKP) sebagai wadah yang akan menampung seluruh kritik dan masukan dari semua lini maupun kalangan terkait pemberian pelayanan terhadap masyarakat.

Iklan

“Masukan dan kritikan itu, perlu bagi kepolisian dalam upaya memperbaiki diri, sehingga nanti bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Imam dalam acara pembentukan FKP Polres Solsel, Jumat (14/9) di Mapolres setempat. Hadir dalam acara itu, berbagai unsur dan kalangan, tokoh adat, mahasiswa, ormas dan lainnya.

Dikatakan Imam, masyarakat dalam memberikan masukan nantinya, tidak perlu takut-takut. “Sampaikan saja apa adanya,” katanya.

Dia meminta, supaya masukan itu jangan dibuat seperti skenario film, yang diplot sedemikian rupa sehingga terlihat bagus. “Kita perlu kenyataan sebenarnya, supaya polisi ini bisa lebih baik kedepannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Jenis pelayanan yang diberukan kepada masyarakat selama ini, diantaranya di Satlantas (pengurusan SIM), Samsat (pembayaran pajak), dan Satintelkam (pengurusan SKCK).

Ia menjelaskan, komposisi pengurua FKP ini nantinya juga akan diisi oleh beberapa SOPD terkait, Ormas, LSM, Wartawan dan  berbagai kalangan masyarakat. Pembentukan FKP itu, diamanatkan dalam Permenpan RB RI nomor 16 tahun 2017 tentang pedoman penyelenggaraan layanan di unit penyelenggara pelayanan publik. (Okto/rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here