Kambing Warga Matur Agam Mati Diduga Dimangsa Harimau

kambing warga mati diduga dimangsa harimau (foto istimewa)

SUMBARTIME.COM-Seekor kambing milik warga Jorong Cubadak Lilin, Nagari Tigo Balai, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, ditemukan mati dalam kondisi luka menganga bekas cakar di bagian leher.

Hal itu diketahui saat pemilik bernama Zulven Henri (35) melihat ternaknya tersebut pada Kamis (24/9). Kuat dugaan jika yang menghabisi kambingnya itu merupakan binatang buas jenis Harimau Sumatera.

Iklan

Dugaan itu disinyalir dengan adanya jejak yang sama ditinggalkan sewaktu kejadian serupa terjadi terhadap seekor anak kerbau terluka dan 2 ekor kambing mati yang juga mengalami luka cakar di bagian leher setahun belakangan.

Peristiwa itu diketahui bermula dari si pemilik ternak tidak mendapatkan kambingnya di dalam kandang. Namun saat itu, dirinya banyak melihat bercak darah yang bertebaran di sekitaran kandang hingga masuk meuju semak belukar.

Saat dirinya mencoba menelusuri jejak darah tersebut, sekitaran 50 meter dari kandang kambingnya, pemilik ternak menemukan peliharaannya di semak belukar sudah dalam kondisi mati, dengan luka cakar dibagian leher.

Selanjutnya pemilik melaporkan peristiwa tersebut ke Perangkat Nagari, Bhabinkamtibmas dan petugas Polhut KPHL Agam Raya.

Sementara itu Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Ade Putra, membenarkan laporan tersebut. Menurutnya dari hasil pemeriksaan sementara, kuat dugaan jika hewan ternak milik warga yang mati tersebut akibat dimangsa binatang buas jenis harimau sumatera, paparnya.

Namun pihaknya juga menimpali jika pada Jumat ke esokan harinya pihaknya akan mendatangi lokasi untuk memastikan penyebab matinya hewan ternak warga tersebut, tutupnya. (ezi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here