Inilah Program Unggulan SAFARI dalam Dunia Pendidikan

SUMBARTIME.COM-Bidang pendidikan formal menjadi salah satu perhatian pasangan Safaruddin-Rizki (SAFARI) dalam mewujudkan misi “meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan.”

Sejumlah program unggulan SAFARI dalam bidang pendidikan disampaikan oleh bakal cawabup Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) ketika berdialog di radio Total FM, Tanjung Pati, Senin pagi (14/9). 

Iklan

Pertama, meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang berbasis IT untuk mendukung wajib belajar 9 tahun.

Kedua, meningkatkan kesejahteraan guru honorer. “Bagaimana mungkin guru honorer bisa fokus mengajar, sementara urusan perut mereka saja belum selesai. Sebab mereka hanya digaji dengan ratusan ribu per bulan. Untuk itu komitmen kami untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer,” tutur RKN.

Ketiga, membekali dan memprioritaskan lulusan-lulusan sekolah kejuruan untuk bersaing dalam pasar tenaga kerja. “Hal ini sejalan dengan program kami dalam mendorong industri pasca panen bagi komoditas Limapuluh Kota,” ucap RKN.

Keempat, penyediaan beasiswa untuk pendidikan menengah dan pendidikan tinggi bagi keluarga kurang mampu.

Pendidikan non formal juga mendapatkan perhatian SAFARI. Berangkat dari keprihatinan terhadap kondisi sebagian generasi muda Limapuluh Kota hari ini, SAFARI menilai pentingnya peningkatan peran lembaga adat dan agama yang ada pada setiap nagari di Limapuluh Kota.

“Pemkab perlu memberikan dukungan anggaran kepada lembaga adat dan lembaga agama di Limapuluh Kota,” ujar RKN.

Menurut RKN, peran niniak mamak, ulama, dan cadiak pandai perlu lebih ditingkatkan lagi dalam membina generasi muda di samping pendidikan formal yang mereka dapatkan di sekolah.

“Insya Allah sebagai bukti komitmen kami dalam memperkuat hal ini, kami akan gagas Perda Masyarakat Adat,” ucapnya. (rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here