Gegara Menjual Gadget Yang Dia Temukan, Warga Payobasung ini Harus Berurusan Dengan Hukum

DS dengan gadget yang sempat iya jual

SUMBARTIME.COM-Gara gara menjual satu unit gadget yang dia temukan di dalam sebuah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), seorang pria berinisial DS (41) warga Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, harus berurusan dengan hukum.

Saat ini DS telah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan dugaan pencurian terhadap barang milik orang lain dan dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana maksimal 6 tahun penjara.

Iklan

Hal itu dikatakan oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, melalui Kasatreskrim AKP M.Rosidi, Senin (28/9). Menurutnya, DS telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pencurian dan penjualan satu unit gadget, ungkapnya.

Adapun kasus bermula dari tersangka menemukan sebuah gadget merek Vivo Y12 warna burgundy red di sebuah mesin ATM BRI, kawasan Pasar Ibuh, pada 30 Agustus 2020 kemaren.

Saat menemukan sebuah gadget milik korban yang tertinggal di mesin ATM tersebut, tersangka langsung mengambilnya dan membawa kaburnya.

Seminggu kemudian, tersangka menyuruh istrinya menjual gadget tersebut kepada orang lain. Oleh istri tersangka inisial DM, gadget tersebut dijual di Kawasan Kota Bukittinggi seharga Rp 1.250.000-. Uang hasil dari penjualan tersebut dipergunakan oleh tersangka dan istrinya untuk keperluan sehari hari.

Sementara itu, pemilik gadget yang merasa kehilangan ponselnya membuat laporan ke Polres Payakumbuh. Polisi yang menerima laporan langsung melakukan penyelidikan. Dari hasil pelacakan, diketahui jika gadget tersebut posisinya berada di kawasan Bukittinggi.

Selanjutnya polisi langsung melakukan perburuan menemukan gadget milik korban yang hilang tersebut. Perburuan pun berhasil, barang milik korban ditemukan dan ditelusuri siapa yang mengambil milik korban tersebut.

Setelah mendapatkan identitas pelaku, polisi langsung mencari pelaku, sehingga berhasil ditemukan dan diamankan di kediamannya, Sabtu (26/9).

Selanjutnya pelaku langsung diamankan dan dibawa ke Mapolres Payakumbuh untuk dilakukan pemeriksaan dan telah ditetapkan sebagai tersangka, papar Rosidi menjelaskan.

Sementara itu, dari pengakuan DS sendiri, dia merasa tidak mencuri gadget tersebut. Namun dia beralasan jika barang itu dia temukan di mesin ATM tanpa ada pemiliknya. Dan baginya itu adalah rezeki yang dia dapatkan, tuturnya.(rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here