Belasan Tahun Menggelandang, Akhirnya Piak Uik Uik Direlokasi Juga

aparat terlihat membersihkan lokasi Piak Uik Uik

SUMBARTIME.COM-Bertahun hidup di kawasan Trotoar Jalan Pacuan Labuah Baru, samping Jembatan menuju kawasan pasar Ibuh, Nur alias Piak Uik Uik direlokasi Pemko Payakumbuh ke RSJ Gadut Kota Padang, Rabu (15/1).

Nur Piak Uik Uik selama ini diketahui hidup bersama seorang anak lelakinya bernama Tomi di sebuah gubuk belakang Trotoar kawasan Simpang Benteng. Mayoritas warga Kota Payakumbuh pasti kenal dengan kedua ibu dan anak tersebut.

Iklan

Di kawasan tersebut, setiap hari Piak Uik Uik dan anaknya duduk santai bersama anak lelakinya sambil memilih dan memilah sampah sampah yang bisa ditukarkan untuk menjadi uang sebagai penyambung hidup mereka.

Pemandangan itu terlalu akrab bagi warga Kota yang setiap hari melintas di jalan kawasan tersebut. Terhitung belasan tahun sudah Piak Uik Uik dan anaknya hidup secara gelandangan di kawasan tersebut tanpa adanya mendapatkan perhatian yang cukup dari Pemerintah.

Hari ini Rabu 15 Januari 2020, Pemerintah Kota Payakumbuh datang ke lokasi Piak Uik Uik, dan merelokasi ibu dan anak tersebut menuju RSJ Gadut Kota Padang dengan tujuan untuk merehabilitasi mental ibu dan anak tersebut dengan kata lain memanusiakan manusia seperti yang dikatakan Kasatpol PP Devitra, di lokasi.

Selain merelokasi mereka, Pihak Pemko yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan Dinas Kebersihan juga membongkar dan memindahkan tumpukan sampah yang menggunung di lokasi tempat Piak Uik Uik tinggal.

Sementara itu, terkait relokasi Piak Uik Uik, beragam respon serta tanggapan muncul dari warga atas peristiwa tersebut.

Ada warga yang menyambut positif atas rekolasi dengan mengatakan, ” ” “Syukur alhamdulillah akhirnya Piak Uik Uik di relokasi juga,” ungkap mereka.

Namun ada juga warga yang berkomentar miring dengan mengatakan,” Piak Uik Uik bukan gila. Kenapa harus dibawa ke RSJ Padang. Harusnya Pemko mencarikan lokasi tempat tinggal yang layak buat mereka,” ujar warga lainnya.

Namun terlepas dari tu semua sebagian warga lainnya memberikan apresiasi untuk Pemko yang telah mengambil inisiatif memindahkan areal Piak Uik Uik setelah belasan tahun tinggal secara gelandangan di Trotoar Jalan Pacuan, Labuh Baru tersebut, demikian Sumbartime.com melaporkan. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here