Begini Kondisi Banjir di Nagari Sarilamak Kabupaten Limapuluh Kota

Bendungan bobol dan rubuh di aliran sungai Sanipan

SUMBARTIME.COM-Tingginya intensitas hujan dalam dua hari ini membuat kondisi kawasan Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami banjir yang cukup parah.

Sabtu (3/11) sore, di kawasan Jorong Buluh Kasok, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota, terdapat sejumlah bangunan yang terendam banjir akibat meluapnya air sungai Buluah Kasok.

Iklan
Loading...

Menurut Walinagari Sarilamak, Olly Wijaya,kepada awak media mengatakan terdapat sebuah sekolah setingkat TK, Satu unit Kantor Kepala Jorong, sebuah Puskesmas pembantu (Pustu), rumah jaga bidan, dan sebuah Balai Adat terendam banjir yang mencapai paha orang dewasa.

Selain itu, terdapat dua rumah warga setempat dan satu jembatan penghubung mengalami rusak parah dan nyaris runtuh akibat abrasi air sungai yang meluap.

Sementara di Jorong Ketinggian dan Jorong Aia Putiah, akibat bobol dan robohnya bendungan di aliran sungai Sanipan pada Sabtu (3/11) pagi , mengakibatkan rumah penduduk yang berdekatan dengan lokasi terendam oleh genangan air. Bahkan satu unit jembatan penghubung ke dusun Tabiang Tinggi di kawasan Aia Putiah, nyaris putus dan hampir rubuh, karena hantaman abrasi air sungai Sanipan.

Adapun di Jorong Sarilamak hingga pinggiran Ibukota Kabupaten (IKK) LimapuluhKota, lanjut Olly lagi, banyak rumah warga hingga jalur transportasi yang terendam banjir. Hal itu di satu sisi dikarenakan tingginya intensitas hujan yang melanda kawasan Limapuluh Kota dan di sisi lain, belum memadai drainase yang layak yang terdapat di pusat Ibu Kota Kabupaten, ungkapnya mengatakan. (rd)

 

 

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here