Kenaikan Debet Air di Waduk PLTA Koto Panjang Mencapai Puncak, Warga Sepanjang Sisi Hilir Sungai Kampar Agar Berhati Hati

DEBET AIR DI WADUK PLTA KOTO PANJANG MENCAPAI PUNCAK

SUMBARTIME.COM-Tingginya intensitas curah hujan yang melanda kawasan Sumbar- Riau, membuat debet air di Waduk PLTA Koto Panjang, setiap per satu jam naik mencapai 5 cm. Kenaikan ini mencapai puncaknya pada Sabtu (3/11) pagi.

Hal itu dikatakan oleh pengelola waduk PLTA Koto Panjang, Muhammad Rusdi. Menurutnya naiknya debet air waduk yang begitu cepat, dikarenakan tingginya curah hujan di sisi hulu kawasan Kapur IX, Sumatra Barat, ujarnya.

Iklan
Loading...

Dijelaskan lebih lanjut, kenaikan itu di terbaca saat pengelola waduk memantau kondisi lapangan pada Sabtu (3/11) pagi, dengan tingkat elevasi mencapai 81.50 mDPL dengan inflow rata2 1500 m3/detik dan outflow turbin 350 m3/detik (beban maximum 3 unit x 38 MW).

Untuk itu Rusdi meminta agar masyarakat dapat berhati hati dan waspada dalam menjalankan aktifitas sehari hari mereka, terutama warga yang tinggal di sepanjang kawasan sisi hilir Sungai Kampar. Kepada para petani keramba, dia juga meminta agar lebih memperhatikan kondisi derasnya aliran sungai.

Jika Sabtu pada pukul 09.30 WIB terbaca 81,50 meter di atas permukaan laut (mdpl), tinggi elevasi pukul 18.00 WIB sudah berada di angka 81,90 mdpl, ungkapnya lagi. Terakhir Rusdi juga menyebutkan jika kondisi ini inflow lebih dari 1500 m3/detik di 24 jam kedepan, maka Standart Operational Procedure (SOP) pembukaan pintu spillway (pintu pelimpahan) akan diberlakukan, pungkasnya. (kr)

 

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here