Walikota Buka Apel Akbar dan Peringatan Tahun Baru Islam.

Sumbartime.com,Payakumbuh-Sekitar 2500 perwakilan santri TPQ yang ada di Payakumbuh. Suasana haru biru penuh suka cita ditumpahkan para santri di halaman Balai Kota Payakumbuh dengan dampingan para guru.

Kehadiran santri mengikuti apel akbar didikan Shubuh, pada Ahad (16/09) adalah dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 H di Kota Payakumbuh yang diisi dengan tabligh akbar.

Iklan
Loading...

Apel akbar didikan Shubuh diisi dengan pawai didikan shubuh dan tabligh akbar bersama ustadz Syahril Ramadhan dibuka secara resmi Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Yoherman didampingi Kepala Kankemenag, Kabag Kesra, Pimpinan Opd, Camat se kota, Ketua LDS, Ketua PHBI, dan para guru TPQ.

Dalam laporannya, Ketua LDS Kota Payakumbuh diwakili Zulhendri kepada Walikota melaporkan bahwa apel akbar didikan shubuh ini merupakan gabungan antara kegiatan PHBI dengan LDS kota.

“apel akbar didikan shubuh ini menghadirkan sekitar 2500 santri sebagai perwakilan, didampingi pata guru. Dari setiap kecamatan mengutus 20 TPQ dengan melibatkan maksimal 20 santri saja. Kalau diikutkan semuanya, dikhawatirkan menimbulkan kemacetan. Apalagi pada hari Minggu adalah hari balai (pasar) di Payakumbuh. Momen ini para santri utusan TPQ perkecamatan akan menampilkan kompetensi yang mereka dapat dan kuasai saat belajar di TPQ,” lapor Zulhendri.

Mewakili Walikota, Asisten I Yoherman sampaikan apresiasi dan harapan besar kepada santri, sebagai generasi penerus estafet kepemimpinan di Payakumbuh. Tak lupa, Yoherman juga menyampaikan terima kasih kepada panitia yang sukses mengadakan kegiatan ini.

“Di Kota Payakumbuh, kegiatan didikan shubuh adalah bukti komitmen pemerintah bersama unsur terkait dalam meningkatkan kualitas pendidikan, yaitu meningkatkan pendidikan agama islam kepada anak sejak dini, dimulai dari shubuh hari. Pemko Payakumbuh tentunya berharap eksistensinya dilestarikan sehingga mampu membentuk generasi yang berkarakter, berakhlak mulia dan menjadi contoh bagi yang lain,” harap Yoherman.

Dikatakan Yoherman, sebagai wujud perhatian, Pemko Payakumbuh melalui Bagian Kesra selalu mengagendakan penilaian didikan shubuh. Insyaallah tanggal 23 September s/d 21 Oktober kita akan nilai 5 TPQ / MDA tergiat di 5 kecamatan. Penilaian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana penguasaan kompetensi santri dalam menguasai ilmu shalat, ilmu al quran, penyelenggaraan jenazah, dan kegiatan keagamaan lainnya sebagai benteng pengaruh negatif lingkungan yang semakin meresahkan.

Disamping menyampaikan harapan besar kepada para santri, Asisten I Yoherman juga menyampaikan Selamat Tahun Baru Islam kepada warga Kota Payakumbuh.

“Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1440 H untuk semua muslim di Kota Payakumbuh. Ikutilah kegiatan ini dengan serius semoga bisa menambah wawasan, meningkatkan silaturahim dan ukhuwah islamiyah. Dan intinya bagaimana syariat islam itu dapat kita jalankan secara kaffah,” tandas Yoherman sambil membuka apel akbar didikan shubuh.

Sementara itu, Ustadz Syahril Ramadhan dalam tausiyah tabligh akbarnya menyampaikan betapa beruntungnya seorang manusia yang mengusai ilmu al quran dengan baik. Menurut ustadz Syahril, Allah memudahkan dan melapangkan rezki untuk insan yang taat menjalankan perintah Allah serta insan yang selalu mengamalkan al quran dan menghubungkan silaturahim.

Apel akbar didikan shubuh dan peringatan tahun islam di Kota Payakumbuh ditutup dengan pawai keliling dibawah pengawalan voreigder Polres Payakumbuh. Berbagai tropi kejuaraan yang diraih LDS Payakumbuh ikut dipamerkan dalam pawai yang diiringi pengucapan kalimat thoyyibah dan lantunan nyanyi qasidah.(rel)

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here