Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda Menggelar Rapat Bersama Jajaran

Sumbartime.com Payakumbuh — Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menggelar rapat bersama seluruh jajaran. Rapat yang dibuka oleh Plt Sekretaris Daerah Dafrul Pasi, turut dihadiri Asisten III Ifon Satria Chan, Staf Ahli Wali Kota Elfriza Zaharman, Kepala OPD serta seluruh Camat se-Kota Payakumbuh yang berlangsung di Aula Pertemuan Randang Lantai II Balai Kota, Rabu (23/11/22).

Dikatakan Dafrul, perlunya menginvertarisir dan mendokumentasikan setiap kegiatan terutama kegiatan dan pencapaian selama kepemimpinan Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda.

“Laporan ini akan disampaikan dan di upload juga melalui google form dan waktu yang terbatas sesuai dengan pemberitahuan panitera dan tim Panel di Kementerian Dalam Negeri, namun secara garis besar laporan ini kita input dengan batasan waktu yang telah ditentukan,” imbuh Dafrul.

Laporan ini menjadi sebuah indikator keberhasilan dan sejauh mana capaian kinerja oleh Penjabat Kepala Daerah. Hasil dari evaluasi tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dan disampaikan oleh Inspektorat Jenderal kepada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Terkait pelayanan masyarakat, dalam penyampaiannya, Wali Kota Rida Ananda meminta kepada OPD untuk menyediakan layanan laporan atau pengaduan masyarakat terkait segala aspek, baik hal positif maupun saran dan kritikan, melalui sebuah layanan online.

“Jadi dengan adanya layanan ini, kita bisa menampung semua laporan masyarakat melalui aplikasi yang sudah di siapkan, misalnya di hari yang sudah ditetapkan, masyarakat bisa menyampaikan secara langsung kepada Wali Kota ataupun dinas terkait,” pinta Rida.

Pada penyampaian selanjutnya, Wako Rida Ananda meminta kepada setiap OPD, Camat hingga ke Kelurahan untuk menciptakan prestasi dan inovasi yang bermanfaat langsung untuk masyarakat. Seperti gerakan seribu sehari yang di himpun untuk penangan kemiskinan ekstrem, penanganan stunting dan inflasi.

Terkait musibah Gempa Cianjur, Pemerintah Kota Payakumbuh berencana memberikan bantuan berupa Randang kemasan dan tidak dalam bentuk uang. Dimana seluruh OPD diminta untuk berpartisipasi menyumbangkan Rendang dimaksud.

Wako Rida Ananda berharap rendang yang disumbangkan oleh OPD jumlahnya lebih proporsional, seimbang dan yang disukai oleh kebanyakan orang pada umumnya.

Dipenghujung rapat, Wako Rida Ananda sempat memberikan kejutan kepada kepala OPD yang berkebetulan berulang tahun tepat pada hari itu.

“Sampai hari ini saya masih belum menerima laporan dari Dinas Kesehatan, mana kadisnya? Dimana nyangkutnya?,” tanya Wako Rida kepada Kepala Dinas Kesehatan Wawan Sufianto.

Terkejut, merasa semua laporannya sudah selesai dan sudah di meja Wali Kota, Kadis Wawan pun menjawab pertanyaan Wako Rida Ananda dengan wajah merah.

“Siap, pak semua laporan sudah dikerjakan dan sudah masuk sesuai arahan,” jawab Wawan spontan tanpa sadar bahwa itu hanyalah prank sang Wali Kota saja.

Tak lama berselang, tepukkan dan kue, diiringi nyanyian ulang tahun pun muncul mencairkan ketegangan, hal ini tentu sesuatu yang sangat berbeda yang pernah dihadirkan Wako Rida Ananda kepada jajarannya guna menciptakan etos kerja yang serius namun humanis di masa kepemimpinannya. (ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here