Terjerat Sapi, Mantan Politisi Partai PBB Payakumbuh Resmi Ditahan

gambar ilustrasi

SUMBARTIME.COM-Setelah menjalani pemeriksaan dan penyidikan cukup lama, mantan politisi Partai PBB Kota Payakumbuh inisial IA (42) resmi ditahan oleh Satreskrim Polres Payakumbuh sejak 4 Februari 2019 kemaren, akibat tersandung kasus dugaan tindak pidana korupsi.

Tersangka yang merupakan warga Limbukan Kota Payakumbuh, mantan anggota DPRD Payakumbuh, dari partai PBB priode 2009-2014 diduga telah melakukan tindakan kasus korupsi pertanggung jawaban fiktif dana hibah dari program pokok-pokok pikiran (POKIR) dewan senilai Rp 350 juta, sewaktu yang bersangkutan masih menjabat sebagai anggota DPRD.

Iklan

Selain IA, polisi juga menahan Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tegar Mandiri, Kelurahan Limbukan, inisial AF (48), ujar Kapolres Payakumbuh AKBP Endrasetiawan Setyawibowo, melalui Kabag Humas Iptu Hendri Has, Selasa (20/2).

Adapun dugaan modus operandi mereka adalah melakukan tindak pidana laporan pertanggungjawab fiktif atas bantuan dana hibah untuk KUBE Tegar Mandiri pada tahun 2012 silam.

Saat itu IA yang masih menjabat sebagai anggota DPRD Payakumbuh mengusulkan pokir ke pihak Pemko terkait bantuan sosial hibah program pengadaan sapi senilai 350 Juta Rupiah. Namun dalam perjalanannya, tersangka melakukan modus pengadaan fiktif dan bekerja sama dengan Ketua Kube Limbukan, AF.

Keduanya diduga bekerja sama menggelapkan anggaran dana dari hasil pokir tersebut dan membuat laporan pengadaan fiktif sehingga negara dirugikan.

Atas tindakan tersebut, setelah dilakukan gelar perkara, dan serangkaian penyedikan, keduanya resmi di tahan oleh Polisi. Keduanya dijerat dengan Pasal 2, pasal 3 dan pasal 18 UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara, papar Hendri Has. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here