Teguh Aprianto: “Arik Alfiki Bukan Kriminal”

Arik Alfiki Hacker muda berbakat

SUMBARTIME.COM-Founder & Contributor Ethical Hacker, Teguh Aprianto dengan tegas menyatakan jik M. Arik Alfiki bukanlah Kriminal. Namun anak asal Payakumbuh Sumatra Barat tersebut adalah seorang yang jenisu yang memiliki kemampuan IT yang luar biasa.

Hal itu dikatakannya melalui keterangan persnya yang sampai ke redaksi, Kamis (25/4). Menurut Teguh walaupun Arik berhasil masuk menerobos sistem keamanan website KPU RI, bukan berarti anak tersebut adalah kriminal dan berniat jahat.

Iklan

Namun tindakan yang dilakukan oleh Arik adalah sebagi bentuk pelaporan jika adanya kelemahan yang ditemui di dalam website KPU tersebut. hal itu dibuktikan dengan diresponnya laporan Arik via email ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Baca Juga : Tuai Penghargaan dari Berbagai Perusahaan Internasional, Remaja Payakumbuh ini Ditangkap Tim Cyber Mabes Polri

Pihak BSSN pada tanggal 3 April merespon membalas laporan dari Arik dengan mengucapkan terima kasih. Selanjutnya ke esokan harinya tanggal 4 April kembali pihak BSSN melalui email meminta informasi pribadi Arik, seperti KTP dan data diri lainnya.

Pada tanggal 11 April pihak BSSN melalui Andria memberitahukan kepada Arik jika bug (kelemahan sistem) website KPU telah diperbaiki. Pada tanggal 18 April Arik kembali melakukan penetration testing untuk mengecek apakah sudah benar ditutup serta mencari untuk menemukan bug yang lain website KPU.

Namun ironisnya, usaha serta niat baik Arik tersebut malah dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh pihak KPU pada tanggal 19 April, sehingga berujung pada penangkapan terhadap Arik di Payakumbuh Sumatra Barat.

Atas kejadian tersebut Teguh Aprianto akan memberikan pendampingan hukum dari Ethical Hacker Indonesia yang bekerjasama dengan Tordillas.

Sementara itu, dari informasi terakhir yang didapatkan tentang Arik, saat ini Arik tidak ditahan dan tinggal di rumah pamannya di Jakarta. Menurut Hendri, ayah dari Arik, cuman pihak Kepolisian belum memperbolehkan anaknya kembali ke Payakumbuh dengan tujuan jika keterangan Arik dibutuhkan lagi, maka polisi akan mudah menghubungi kembali. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here