Tangki Salah Satu SPBU di Payakumbuh Bocor, Nyaris Membakar Perkampungan

bocoran tangki spbu nyaris membakar satu perkampungan

SUMBARTIME.COM-Sabtu pagi 28 November 2020, warga Kelurahan Parit Rantang, Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, dikagetkan dengan kemunculan api di saluran drainase belakang sebuah SPBU.

Diduga kemunculan api itu akibat dari puntung rokok yang dibuang ke dalam drainase yang berisikan tumpahan BBM dari tangki SPBU yang bocor.

Iklan

Akibatnya warga yang tinggal di seputaran belakang SPBU menjadi panik dan segera menghubungi pihak Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh atas kemunculan api dari dalam drainase tersebut.

Beruntung peristiwa yang nyaris membakar perkampungan warga itu cepat diatasi oleh pihak damkar dengan mengerahkan 3 mobil armadanya ke lokasi memadamkan titik api yang muncul.

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh Davitra, menyebutkan api berasal dari buangan puntung rokok warga yang melintas di dalam selokan drainase yang berisi tumpahan BBM dari SPBU yang ada di lokasi.

Di jelaskan, tumpahan aliran BBM akibat dari kebocoran tangki penyimpanan minyak dari SPBU tersebut telah mengaliri drainase warga sepanjang kurang lebih 1 km, papar Davitra mengungkapkan.

“Di sepanjang drainase dibelakang SPBU ini ada tumpahan bahan bakar minyak. Jadi ada tadi masyarakat yang membuang puntung rokok dan memancing sulutan api. Jika tidak segera dibersihkan oleh pihak SPBU, bisa jadi akan menjadi sebuah kebakaran hebat,” tuturnya.

Saat ini di lokasi tumpahan BBM telah dipasang garis polisi dan meminta kepada warga yang melintas di sekitaran lokasi untuk tidak membuang puntuk rokok sembarangan yang bisa menjadi penyebab tersulutnya kobaran api, tutup Davitra. (rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here