SAFARI Gagas Perda Masyarakat Adat

SUMBARTIME.COM-Pembinaan generasi muda Limapuluh Kota menjadi salah satu perhatian pasangan Safaruddin-Rizki (SAFARI). SAFARI menilai terjadinya berbagai kasus narkoba, asusila dan masalah sosial lainnya pada sejumlah generasi muda Limapuluh Kota, salah satunya disebabkan oleh mulai memudarnya nilai-nilai serta norma adat dalam memberikan pedoman bagi generasi muda.

Oleh sebab itu, Bacalon Bupati Safaruddin Datuak Bandaro Rajo berkomitmen untuk memperkuat fungsi limbago adat sebagai pilar terdepan dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial tersebut.

Iklan

“Insya Allah, kami akan menggagas Perda masyarakat adat untuk memperkuat peran limbago adat kita,” ujar Safaruddin yang akrab dipanggil Datuak Safar, Kamis (17/9).

Menurut Datuak Safar, penguatan fungsi limbago adat dapat meningkatkan peran niniak mamak dalam membina generasi muda di samping pendidikan formal yang mereka dapatkan di sekolah.

Selain keberadaan Perda, bakal disertai dengan komitmen anggaran kepada lembaga adat dalam membina generasi muda baik melalui pelatihan adat maupun penguatan fungsi lembaga adat itu sendiri.

“Program ini sesuai dengan visi kami untuk mewujudkan Limapuluh Kota madani, beradat, dan berbudaya dalam kerangka adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” ucapnya. (rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here