Rutan Siak Klas II B Mencekam, Dikabarkan Dua Personil Polisi Gugur

Gambar dari Potretnewscom

SUMBARTIME.COM-Dilaporkan Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Siak, Riau, Sabtu (11/5) dini hari mencekam pasca terbakar dan ludesnya bangunan tersebut. Dari informasi yang berhasil dirangkum sementara, banyak para tahanan kabur melarikan diri.

Tidak hanya itu, dikabarkan ada dua personil polisi yang gugur dalam insiden tembak menembak dengan napi. Namun kabar gugurnya dua personil polisi tersebut belum mendapatkan keterangan resmi dan pasti dari Polres setempat.

Iklan

Sementara itu dari informasi yang berhasil dikumpulkan kerusuhan dan terbakarnya rutan tersebut, memang sengaja dibakar oleh para warga binaan yang mengamuk. Mereka diduga kesal lantaran mendapatkan tindakan kekerasan dari petugas rutan.

Menurut info dari salah seorang napi yang dipindahkan ke Markas Kepolisian Sektor Siak, Sudanto kepada para awak media menceritakan kronologis kejadian yang bermula dari tertangkapnya tiga orang warga binaan sedang mengkonsumsi narkoba.

Menurutnya ketiga napi yang tertangkap basah sedang mengkonsumsi narkoba jenis sabu itu oleh pihak rutan dimasukan ke dalam sel. Lalu tahanan tersebut ditampar, hingga membuat warga binaan lainnya menjadi marah dan mengamuk.

Dalam waktu relatif singkat para warga binaan yang mencapai lebih dari 500 an orang di Rutan Siak Klas II B mengamuk dan merusak serta mendobrak pintu pintu sel. Beberapa pintu sel ada yang jebol dan ambruk hingga membuat ratusan tahanan bebas keluar.

Selanjutnya para warga binaan itu melemparkan benda apa saja ke arah petugas. Tak lama kemudian terdengar suara tembakan tembakan dari dalam rutan. Sementara sebagian napi lainnya melemparkan batu ke arah luar agar polisi tidak bisa masuk ke dalam.

Entah siapa yang mulai membakar, tiba tiba api mulai menyala dan membesar, papar Sudanto lagi. Selanjutnya api benar benar berkobar, dan para napi langsung kabur melarikan diri keluar dari rutan.

Sementara itu, beredar informasi sesama tahanan ada beberapa pucuk senjata api milik petugas rutan ikut dibawa kabur oleh napi, pungkasnya mengatakan.

Hingga waktu menjelang sahur tiba, suasana di rutan Siak Masih mencekam dan semakin menegangkan, demikian sumbartime.com melaporkan. (kr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here