Program Jumat Berkah Polres Payakumbuh, Peduli Terhadap Sesama

SUMBARTIME.COM-Program Jumat Barokah atau Jumat Berkah Polres Payakumbuh adalah program peduli sosial dengan cara memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan. Program peduli sesama ini rutin dilaksanakan setiap hari Jum’at, dimana selesai apel pagi, seluruh Personel Polres Payakumbuh menyisihkan rejekinya untuk dikumpulkan dan diserahkan kepada warga yang membutuhkan.

Setelah terkumpul, uang tersebut dibelikan sembako berupa beras, telur, minyak goreng, susu kental manis, gula, roti kering dan teh, lalu didistribusikan kepada warga masyarakat yang sebelumnya sudah didatakan oleh Bhabinkamtibmas.

Iklan
Loading...

Tim Jumat Barokah tanggal 11 Oktober 2019 dipimpin oleh Kasat Binmas AKP Hikmah, S.Kom, M.Kom dan Kapolsek Kota Payakumbuh AKP Julianson S.H.,M.H., bersama staf Sat Binmas, perwakilan personel Polres Payakumbuh, Bhabinkamtibmas.

Didampingi oleh Lurah, LPM serta tokoh masyarakat setempat, Tim Jumat Berkah menyerahkan paket sembako kepada 10 orang warga yang terdiri dari 1 orang warga Kec. Payakumbuh Barat, 4 orang warga Kec. Payakumbuh Timur, 3 orang warga Kec. Lampasi Tigo Nagari dan 2 orang warga Kec.Payakumbuh Selatan.

Kemudian Jumat berikutnya pada tanggal 18 Oktober 2019, Tim Jumat Barokah dipimpin oleh Wakapolres Payakumbuh Kompol Eridal,S.H., dan Kasat Sabhara AKP Akno Pilindo, S.H., menyerahkan bantuan paket sembako kepada 8 orang masyarakat yang kurang mampu di wilayah hukum Polres Payakumbuh.

Kedelapan orang masyarakat tersebut 3 orang di antaranya warga Kec. Payakumbuh Barat, 4 orang warga Kec. Payakumbuh Timur dan 1 orang warga Kec. Payakumbuh Selatan. Sama seperti minggu sebelumnya, masing-masing warga mendapatkan 10 kg beras, 2 papan telur, minyak goreng 2 kg, 1 kaleng susu kental manis, gula 2 kg, 2 bngkus roti kering, 1 bngkus teh celup.

Kasat Binmas AKP Hikmah menyatakan bahwa identitas masyarakat penerima bantuan Program Jum’at Barokah diperolah dari data dan hasil pengecekan oleh Bhabinkamtibmas yaitu masyarakat yang secara ekonomi dan sosial betul-betul memerlukan bantuan. Kebanyakan dari masyarakat penerima bantuan tersebut adalah warga yang sudah lanjut usia.

Ada di antara masyarakat penerima bantuan yang tidak kuat menahan haru dan memeluk saya saat menerima paket sembako. Memang bantuan dari personel Polres Payakumbuh tidaklah seberapa, tetapi rasa senang bisa melakukan sesuatu yang berarti bagi masyarakat“, ujar Hikmah.

Wakapolres Payakumbuh Kompol Eridal S.H., mengatakan bahwa Program Jumat Barokah ini sudah rutin dilaksanakan, membantu warga yang membutuhkan dari rumah ke rumah sambil melaksanakan patroli memantau situasi Kamtibmas.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengapresiasi program Jumat Barokah ini dan berharap dapat terus dilaksanakan secara rutin. “Semoga program ini dapat membawa berkah bagi personel Polres Payakumbuh, bekerja sambil beribadah, peduli dan dekat dengan masyarakat, menyejukkan hati dan memudahkan setiap langkah personel Polres dalam mengabdi kepada masyarakat”, ungkap Dony. (aa)

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here