Pesantren Kilat Ramadan, Membentuk Akhlakul Karimah Siswa@ By : AH Agustion

SUMBARTIME.COM-Melalui kegiatan pesantren kilat para siswa-siswi dikenalkan apa yang disebut dengan akhlakul karimah sekaligus menanamkannya.

Dengan kegiatan pesantren kilat ini, kami sebagai guru membina akhlakul karimah di antara para siswa serta mengenalkan dan mengumpulkan mereka untuk memberikan pendidikan agama Islam agar dapat membentengi akhlak dan moralnya dari pengaruh budaya global yang negatif.

Iklan

Pesantren kilat juga sudah ditentukan oleh dinas terkait yang disebut kurikulum tiga belas. “Sebagian tema dan materi, ada yang diberikan oleh dinas, selebihnya panitia yang mengolah kembali untuk diterapkan kepada siswa. Seperti praktik dan beberapa pembahasan, bisa ditambahkan lagi.

Pentingnya mengikuti kegiatan pesantren kilat atau sanlat, yaitu mengingatkan kembali pengetahuan dasar agama yang baik dan benar. Seperti praktik tatacara salat, baik wajib maupun sunnah, tatacara berwudhu dan bacaan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Agar pesantren kilat tidak menjadi rutinitas belaka, maka para pendidik perlu memperhatikan hal apa saja yang harus dipelajari siswa saat melakukan pesantren kilat. Sebaiknya hal yang dipelajari bukanlah yang bersifat teknis. Seperti ilmu thaharah dan lainnya.

Melainkan lebih kepada penguatan motivasi, akidah pergaulan yang benar, cara membangun etos belajar yang baik dan etika pergaulan dengan teman dan guru. Dengan memperlajari hal tersebut maka para pelajar akan lebih mendapatkan makna dari pesantren kilat tersebut.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here