Pengoplos Minyak Tanah 1,3 Ton Ditangkap Satreskrim Polres Payakumbuh

Polisi melakukan penggerebekan di gudang pengoplosan

SUMBARTIME.COM-Seorang pengedar minyak tanah oplosan inisial, RI (31) warga Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, berhasil ditangkap dan diamankan polisi.

Pelaku ditangkap oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Payakumbuh, Sabtu (5/10) kemaren, di kediamannya. Saat diamankan pelaku tanpa perlawanan yang berarti mengakui jika dirinya pemasok dan pengedar minyak tanah oplosan di kawasan Payakumbuh.

Iklan

Menurut Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setyawan, melalui Kasatreskrim, AKP Ilham Indrawan, kepada awak media Senin (14/10), dari hasil pemeriksaan, pelaku memasok minyak tanah tersebut dari Sumatra Selatan. Lebih kurang 1,3 Ton minyak tanah telah dia simpan di gudang rumah kediamannya.

Modus operandi pelaku adalah mengumpulkan kiriman minyak tanah dari Sumatra Selatan dan dikumpulkan di kawasan Payakumbuh. Selanjutnya pelaku melakukan penyulingan sehingga minyak tanah tersebut sudah tercampur dan menjadi oplosan. Selanjutnya barang oplosan tersebut siap dipasarkan di Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Saat polisi melakukan penggerebekan di rumah pelaku kawasan Kelurahan Padang Tangah Payobadar, ditemukan barang bukti 5 jerigen ukuran 35 liter minyak tanah yang sudah dioplos dari 1,3 ton minyak tanah timbunan miliknya.

Selain itu, aparat juga menemukan dan menyita 35 jerigen ukuran 35 liter yang berisikan minyak sulingan industri perumahan, 7 jerigen ukuran 68 liter yang berisikan minyak sulingan industri perumahan, serta sebuah tangki berwarna hitam.

Dijelaskan, dalam pemeriksaan tersebut polisi bekerja sama dengan Dinas Koperindag serta BPH Migas untuk melakukan penyidikan jenis takaran serta campuran oplosan tersebut.

Saat ini pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka dan diancam dengan pasal 54 Undang-Undang Migas Nomor. 22 tahun 2002 dengan ancaman 6 tahun penjara, papar Ilham Indrawan. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here