Pembangunan IKK Sarilamak Jadi Salah Satu Program Unggulan SAFARI

SUMBARTIME.COM-Keberadaaan Sarilamak sebagai Ibu Kota Kabupaten (IKK) Limapuluh Kota menjadi perhatian pasangan Pilkada Limapuluh Kota, Safaruddin-Rizki (SAFARI).

Bahkan pembangunan IKK Sarilamak menjadi salah satu program unggulan pasangan SAFARI dalam mewujudkan misi Meningkatkan pembangunan infrastruktur secara terpadu yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik. 

Iklan

Dalam dokumen visi misi yang dirilis pasangan SAFARI, penyelesaian fondasi dasar Pembangunan IKK Sarilamak menjadi salah satu fokus utama pembangunan. Terkait kondisi saat ini, SAFARI menilai pengaturan kawasan IKK belum dipayungi oleh aturan tata ruang yang mumpuni. Hal ini ditandai dengan belum selesainya revisi RTRW Kabupaten Limapuluh Kota ditambah dengan RDTRK yang juga masih mengambang.

Akibatnya terjadinya tumpang tindih fungsi kawasan. Tidak ada batasan yang jelas antara permukiman, pusat perdagangan dan perkantoran di IKK Sarilamak. 

Oleh sebab itu, menyelesaikan produk hukum yang akan memayungi pengaturan tata ruang menjadi titik awal bagi SAFARI dalam pembangunan IKK Sarilamak. Hal ini sejalan dengan pentingnya membangun pusat pertumbuhan baru dan menyelesaikan masalah konsolidasi tanah perkotaan yang ada di Sarilamak. Kemudian diperlukan strategi pemindahan objek-objek vital Pemkab Limapuluh Kota dari Kota Payakumbuh ke IKK Sarilamak. 

Jika pembangunan dan penataan kawasan IKK sudah sesuai dengan fungsinya, maka insya Allah dalam waktu yang tidak terlalu lama, IKK Sarilamak akan bisa dilihat secara nyata. Karena masa depan Limapuluh Kota bukanlah di Kota Payakumbuh, melainkan di IKK Sarilamak sebagai sentral pembangunan dan pelayanan publik untuk masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota. (rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here