Muslim Bersaudara Sumbar Salurkan Bantuan Warga Minangkabau Kepada Korban Gempa di Lombok

SUMBARTIME.COM-Sejak kedatangan Tim Muslim Bersaudara Sehati dari Sumatra Barat (Sumbar) sampai di Lombok Utara, NTB, 9 Agustus 2018 kemaren, puluhan dusun serta desa di wilayah korban bencana gempa telah didatangi dan diberikan bantuan.

Tim Muslim Bersaudara asal Sumbar tersebut membawa bantuan dari masyarakat Payakumbuh, Limapuluh Kota, serta daerah lainnya yang ada di Sumatra Barat.

Iklan

Puluhan paket selimut, terpal, Ganset, serta paket sembako yang  berasal dari uang hasil bantuan masyarakat Minang telah disalurkan oleh tim terutama di daerah daerah yang terpencil dan sulit di lalui oleh akses kendaraan.

Lokasi perkapungan warga yang cukup jauh dan terpencil

Menurut Zaki Purnama, salah satu anggota tim menyebutkan selain menyalurkan bantuan seperti yang disebutkan diatas, Muslim Bersaudara juga  melakukan kegiatan Pelayanan kesehatan, seperti di Dusun Busur Barat bagi masyarakat yang terkena penyakit pasca gempa, tuturnya.

Selain itu, tim juga melakukan Rescue, evakuasi dan perobohan masjid di Dusun Busur Timur  yang dinilai sangat membahayakan warga. Dikatakan Tempat ibadah itu sudah tidak layak untuk dipakai lagi, akibat mengalami kerusakan parah dan cendrung membahayakan keselamatan umat.

Tim Muslim Bersaudara antarkan bantuan sembako ke tempat pemukiman warga terdampak bencana

Menurutnya kondisi bebearap warga yang berada di puluhan dusun serta desa kawasan Lombok Utara, NTB, konsdisi mereka cukup memperhatinkan. Masih banyak warga yang mengalami luka luka akibat terkena reruntuhan bangunan saat gempa 7,0 SR yang menggoncang, baru bisa diobati dengan peralatan serta obat obatan seadanya.

Hal ini disebabkan karena lokasi yang cukup terpencil serta akses jalan yang rusak dan sulit ditempuh, menyulitkan suplaian bantuan, papar Zaki. Namun Alhamdulillah Tim Muslim bersaudara berhasil masuk ke wilayah wilayah terpencil dan memberikan bantuan yang berasal dari sumbangan masyarakat Minangkabau dan diberikan kepada warga terkena dampak musibah.

Disamping itu, Tim Muslim Bersaudara juga bekerja sama dengan Koordinator penanggulangan bencana Lombok dari Mabes TNI, terkait penanganan Trauma Healing kepada warga korban bencana, serta rehabilitasi dan rekontruksi bangunan baik perumahan, sekolah serta rumah ibadah, tutup Zaki Purnama. (aa)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here