Hadir Dalam Gebyar Vaksin di SMP 1 Mungka, Bupati Limapuluh Kota Ingatkan Agar Warga Sadar Dengan Kesehatan

SUMBARTIME.COM-Bupati Kabupaten Limapuluhkota Safaruddin dt Bandaro Rajo, mengingatkan warganya agar selalu meningkatkan kewaspadaan  dan kesadaran melaksanakan Vaksinasi.

Vaksin bukan untuk pemerintah, bukan juga untuk sekedar pelengkap administrasi, paparnya.

Iklan

“Yang  penting Vaksin menjaga kesehatan dari serangan virus yang mematikan itu”, kata Bupati mengingatkan.
“Untuk itu mari kita tingkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus yang mematikan itu”, himbaunya.

Bupati menyatakan hal itu, saat mengikuti gebyar Vaksinasi Interaktif Zoomeeting dengan Kapolri dan Panglima TNI bersama Gubernur dan jajaran Bupati dan Walikota se Sumatera Barat di lapangan olah raga Sekolah Menengah Pertama (SMP) no. 1 Mungka, kecamatan Mungka. Rabu 3/11.

Kegiatan interaktif zoommerting Kapolri dan Panglima TNI, bersama Gubernur Sumatera Barat, Bupati/Walikota dan Forkopimda itu dimaksudkan untuk meningkatkan cakupan Vaksinasi Covid 19 di Provinsi Sumatera Barat, dengan harapan agar capaian Herd Imunity masyarakat terhadap Covid 19.

Menurut Bupati, Meskipun capaian target vaksinasi Covid-19 didaerahnya terus menanjak naik.
‘Update Vaksinasi Pertama pada tanggal 03 November 2021 berada dikisaran 35,62 persen atau berjumlah 2.642 orang. Sementara update tahap 2, berada dikisaran 46,206 persen atau 3.489 orang”, ujar Bupati. 

Meski demikian ia beserta unsur forkopimda tetap  menghimbau masyarakat agar tetap melaksanakan vaksinasi sampai ke tingkat  Nagari Nagari dan Jorong.

Hadir dalam kegiatan zoomeeting itu selain Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, juga terlihat Ketua Tim Pelaksana Vaksin Covid 19 Kabupaten Limapuluhkota sekaligus menjabat Asisten Pemerintahan (Ass I) Deddy Permana mendampingi Bupati.

Pada saat bersamaan terlihat Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K, Kapolres Payakumbuh, Dandim 0306/50 Kota, Kepala Dinas Kesehatan Hj. Tien Septino, Kepala Dinas Pendidikan Idrawati, Pejabat Kejaksaan dan kepala OPD, Camat, Walinagari serta masyarakat peserta vaksinasi.

Bupati menuturkan,  di Limapuluh Kota saat ini Vaksinasi dilaksanakan setiap hari di seluruh puskesmas-puskesmas, serta ditempat tempat dilaksanakannya gebyar vaksinasi covid 19, seperti di sekolah  maupun fasilitas umum lainnya.

“Untuk itu mari kita tingkatkan kesadaran diri dengan ber vaksinasi, karena Vaksin bukan untuk pemerintah, bukan juga untuk sekedar pelengkap administrasi. Paling penting  menjaga diri agar tetap sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh supaya terhindar dari penularan Covid 19,” ajak Bupati.

Selain setiap hari melaksanakan kegiatan Vaksin. Bupati  juga  menurunkan surat edaran Bupati sampai ke tingkay Wali Nagari, bahwa setiap pelayanan, masyarakat harus menunjukan bukti sertifikat vaksin. 
“Sekali lagi mari kita tingkatkan kesadaran untuk bervaksin, lihatlah keadaan ekonomi dampak Covid 19 dan anak tidak dapat belajar normal,” ujar Bupati.

Ditempat yang sama. Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K mengapresiasi masyarakat Kecamatan Mungka yang telah mengikuti vaksin dengan penuh kesadaran dan sadar akan kebutuhan kesehatan
Vaksin untuk kesehatan melindungi diri dari resiko penyebaran covid 19, bahkan kematian.

“Ini ikhtiar kita, jangan percaya berita Hoax, tujuan pemerintah menyelamatkan masyarakat Indonesia,” terangnya. 

Dalam sambutanya dihadapan masyarakat Kecamatan Mungka. Kapolres menjelaskan dengan pelaksanakan vaksinasi akan mempermudah akses segala urusan, termasuk untuk berpergian kemanapun.  Setiap pelayanan akan diminta menunjukan sertifikat vaksin Covid 19.

“Pada Wali Nagari, Wali Jorong, Alim Ulama, Niniak Mamak kita berharap untuk mengajak warganya melaksanakan vaksinasi. Ini akan mempemudah segala urusan kita. Kalau kita tidak sehat bagaimana kita akan bekerja dan maju untuk daerah ini,” papar Kapolres.

Pada kesempatan yang sama. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, dr. Hj.Tien Septino, M. Kes juga menyampaikan. Kabupaten Limapuluh Kota tengah memacu pencapaian target vaksin agar di akhir tahun ini  tercipta kekebalan kelompok di tengah masyarakat
“Saat ini di masing masing kecamatan dan Nagari tengah dilaksanakan vaksinasi masal.

Jadi target kita harus selalu naik, kita tak hanya di puskesmas, tapi langsung turun ke Nagari Nagari agar target vaksinasi sampai akhir tahun terpenuhi, tentu saja didukung sepenuhnya dari TNI/Polri, Wali Nagari, Wali Jorong serta tokoh masyarakat,” tukas dr. Tien.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi langkah-langkah percepatan vaksinasi yang dilaksanakan berbagai daerah di Sumatera Barat. Namun ia  mengingatkan agar masyarakat di daerah mewaspadai gelombang ketiga Covid-19 yang sudah melanda sejumlah negara di dunia.

“Kami menyadari topografi beberapa daerah yang sulit di Sumatera Barat, sehingga perlu dilaksanakan vaksinasi “door to door”. Selain itu, pemerintah daerah harus tetap menjaga masyarakat agar tetap patuh protokol kesehatan, karena beberapa negara di dunia kini tengah menghadapi gelombang ketiga Covid-19. 

“Protokol kesehatan tetap diutamakan dalam berbagai aktivitas,” tegasnya saat teleconference yang diikuti Oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo beserta unsur Forkopimda Kabupaten Limapuluh Kota pada Gebyar Vaksinasi Covid 19, di UPTD SMP no.1 Kecamatan Mungka, pada Rabu, 3/11/.

“Mari tingkatkan kesadaran diri untuk melaksankan vaksinasi. Vaksin bukan untuk pemerintah, bukan juga untuk sekedar pelengkap administrasi. Yang paling penting vaksin adalah untuk menjaga kita tetap sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan Covid 19,” ucap Bupati.

Dia menuturkan, bahwa di Limapuluh Kota vaksinasi dilaksanakan setiap hari di seluruh puskesmas-puskesmas yang ada, serta ditempat tempat dilaksanakannya gebyar vaksinasi covid 19, seperti di sekolah sekolah maupun fasilitas umum lainnya

“Selain setiap hari melaksanakan vaksin, pihaknya juga telah turunkan surat edaran sampai ke Wali Nagari, bahwa setiap pelayanan, masyarakat harus menunjukan sertifikat vaksin. Sekali lagi mari kita tingkatkan kesadaran untuk bervaksin, lihatlah keadaan ekonomi kita sekarang akibat Covid 19 dan anak tidak dapat belajar normal,” ujar Bupati.

Sementara itu Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K mengapresiasi masyarakat Kecamatan Mungka yang telah mengikuti vaksin dengan penuh kesadaran dan sadar akan kebutuhan kesehatan.

“Vaksin ini untuk kesehatan kita, melindungi kita dari resiko penyebaran covid 19, bahkan kematian. Ini ikhtiar kita, jangan percaya berita Hoax, tujuan pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat Indonesia,” terangnya. 

Dalam sambutanya dihadapan masyarakat Kecamatan Mungka itu, Kapolres menjelaskan bahwa dengan melaksanakan vaksinasi akan mempermudah akses segala urusan, termasuk untuk berpergian kemanapun, pasalnya disetiap pelayannan akan diminta untuk menunjukan sertifikat vaksin Covid 19.

“Pada Wali Nagari, Wali Jorong, Alim Ulama, Niniak Mamak kita berharap untuk mengajak warganya melaksanakan vaksinasi. Ini akan mempemudah segala urusan kita. Kalau kita tidak sehat bagaimana kita akan bekerja dan maju untuk daerah ini,” imbuh Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, dr. Tien Septino, M. Kes juga menyampaikan bahwa Kabupaten Limapuluh Kota tengah memacu pencapaian target vaksin agar di akhir tahun ini  tercipta kekebalan kelompok di tengah masyarakat

“Saat ini di masing masing kecamatan dan Nagari tengah dilaksanakan vaksinasi masal. Jadi target kita harus selalu naik, kita tak hanya di puskesmas, tapi langsung turun ke Nagari Nagari agar target vaksinasi sampai akhir tahun terpenuhi, dengan dibantu oleh TNI/Polri, Wali Nagari, Wali Jorong serta tokoh masyarakat,” tukas dr. Tien.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here