Fraksi PAN Bukittinggi Dorong Walikota Realisasikan Dana Kelurahan Pada Tahun 2022


SUMBARTIME.COM, BUKITTINGGI – Ir. Hj. Rahmi Brisma, selaku Ketua Fraksi PAN DPRD, menyambangi Kantor Lurah Pakan Kurai Bukittinggi, (Rabu,31/03/2021) itu.

Ir, Hj. Rahmi Brisma melakukan konsolidasi terkait PP Nomor 17 Tahun 2018 yang berkaitan dengan dana kelurahan. Dimana, dana kelurahan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Iklan

Akan tetapi, beberapa tahuh terakhir dana kelurahan itu tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ada banyak manfaat yang bisa dilakukan oleh lurah beserta masyarakat di kelurahan tersebut.

Hal ini menjadi perhatian Rahmi Brima, sejak pembahasan RPJM bersama Walikota Bukittinggi, Erman Safar,SH di DPRD Kota Bukittinggi. Ir. Hj Rahmi Brisma mendorong perlunya Walikota fokus dengan dana kelurahan tersebut.

Ir.Hj Rahmi Brisma yang juga Ketua DPD PAN Bukittinggi ini, menerangkan bahwa “pada saat pembahasan RPJM, visi dan misi Erman-Marfendi, tercantum untuk menjadikan kelurahan sebagai ujung tombak pelayanan.

Tapi terlihat aplikasinya masih sama dengan pemerintahan terdahulu. Nah, sebenarnya ada instrumen yang bisa dipakai Walikota untuk mempermudah tujuannya tersebut, yaitu dana kelurahan yang diatur dalam PP Nomor 17 Tahun 2018.

Justru jika ini berjalan baik, keuntungan politisnya untuk beliau sendiri, bukan untuk Saya. Bagi Saya, selain perintah undang-undang, selama itu memberikan direct impact kepada masyarakat, kita semua bertanggungjawab melaksanakannya, baik itu walikota, dinas, anggota dewan, maupun lurah”.


PP Nomor 17 Tahun 2018 merupakan langkah bagi kelurahan untuk dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat di kelurahan itu sendiri. “ untuk itulah Saya langsung turun ke Kantor Lurah Pakan Kurai ini, untuk melihat sejauh mana mitigasi untuk pelaksanaan dana kelurahan pada tahun 2022 nanti.

Tak dipungkuiri akan ada kekurangan dalam manajemen pelaksanaannya, Saya tetap akan dorong dan kawal dana kelurahan ini sampai 2022, dan bersama Ibu Noni dan Pak Nofrizal Usra (Fraksi PAN) bersama-sama Kami akan mendatangi seluruh kelurahan yang ada di Bukittinggi nantinya” tambah Rahmi Brisma.

Senada dengan hal tersebut, Lurah Pakan Kurai, Tomy Hidayat, S.Sos, sangat mengapresiasi tujuan baik dari Ir. Hj. Rahmi Brima ini. “Saya sangat mengapresiasi upaya Ibu Rahmi terkait dana kelurahan ini, dan ini tentu sangat bagus bagi masyarakat Pakan Kurai, ada banyak hal yang bisa diambil manfaat dari dana ini oleh masyarakat Pakan Kurai.

Namun tentu ada hal penambahan SDM yang harus dipersiapkan terlebih dahulu di kelurahan, agar nantinya tidak terjadi permasalahan, dan Saya sebagai Lurah Pakan Kurai, tentu akan menunggu intruksi lanjutan dari Walikota terkait hal ini. Tapi, apapun itu, ini sangat membantu” terang Tomy Hidayat, S.Sos.

Dalam pertemuan itu, juga turut hadir Hendri, selaku warga Pakan Kurai, yang juga Bendahara DPD PAN Bukittinggi mejelaskan bahwa banyak persoalan masyarakat yang akan mejadi beban kerja bagi Kelurahan. Dengan adanya dana kelurahan ini dapat menambah energi bagi kelurahan,

“ Saya lahir dan tumbuh besar di Pakan Kurai, banyak persoalan masyarakat yang akan mejadi beban kerja bagi Kelurahan. Pak Lurah sendiri ( Tomy Hidayat,S.Sos) sudah berbuat banyak disini, bahkan banyak membatu warga yang kesusahan, bahkan Pak Lurah mencarikan sendiri jalan diluar pemerintah untuk membantu mereka.

Apalagi situasi ekomoni yang sedang mengalami depresi seperti ini. Tentunya Pak Tomy selaku lurah, harus sama-sama kita bantu. Dana kelurahan ini dapat menambah energi bagi kelurahan, tidak hanya di Pakan Kurai, tapi diseluruh kelurahan di Bukittinggi”, lanjut Hendri.

Dana Kelurahan tersebut, dapat menjadi sarana pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan, ditengah kondisi ekonomi yang menurun. “ Lurah tentu lebih memahami kebutuhan warganya, untuk itu kelurahan harus berani berimprovisasi dengan program-program yang memberdayakan masyarakat.

Sudah jelas dampak ekonomi saat ini akan berimbas dengan banyaknya pengangguran, libatkan mereka, berdayakan mereka, bantu mereka, karena ini adalah tanggungjawab kita bersama” terang Ir. Hj. Rahmi Brisma dalam penutup pertemuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here