Dalam Sehari, Warga Danau Kembar Kabupaten Solok Diteror Beberapa Kali Kemunculan Harimau di Pemukiman

gambar ilustrasi kemunculan harimau

SUMBARTIME.COM-Sejak Rabu dini hari 2 Desember 2020, hingga tengah malamnya, warga kawasan Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok dikagetkan dan dikejutkan dengan kemunculan si raja hutan di permukiman mereka.

Raja Hutan jenis Harimau Sumatera itu pertama kali muncul di kawasan Jorong Lurah Ingo, pada Rabu dini hari. Saat itu warga melihat si raja hutan tersebut tidur di tengah jalan umum pemukiman warga.

Iklan

Terang saja, kemunculan hewan buas itu membuat warga yang ada di pemukiman menjadi ketakutan serta panik. Oleh warga sepat dilakukan upaya pengusiran dengan cara menembakan cahaya senter terhadap hewan buas tersebut.

Namun bukannya takut, harimau tersebut malah mendekat ke arah salah satu rumah warga dan tidur di halaman depan rumah, sehingga penghuni rumah dilanda ketakutan yang amat sangat.

Menurut Camat Danau Kembar, Eka Putra, Kamis (3/12) menuturkan, selain muncul dan tidur di pemukiman warga, Si raja hutan tersebut sempat menerkam hewan ternak masyarakat sekitar.

“Sedikitnya 5 ekor anjing peliharaan serta beberapa ekor ayam milik warga diterkam dan dimangsa binatang buas tersebut,” papar Eka kepada awak media.

Atas fenomena kehadiran harimau Sumatera di tengah pemukiman warga, pagi hari sekira pukul 07.45 WIB, aparat kepolisian bersama staf Kecamatan datang ke lokasi dan melakukan aktifitas yang menimbulkan bunyi bunyian yang bertujuan untuk mengusir kembali harimau ke habitatnya.

Selain melakukan aktifitas bunyi bunyian, polisi juga melakukan beberapa kali tembakan ke udara sehingga harimau sempat menghilang ke dalam semak belukar.

Namun tdak beberapa kemudian, aparat mendapatkan informasi jika harimau itu kembali muncul di kawasan kampung Lanyah. Kemunculan hewan buas itu di pemukiman warga membuat aparat kembali lagi melakukan aktifitas bunyi bunyian.

Masih di hari yang sama, Rabu 2 Desember 2020, sekira pukul 17.00 WIB, kembali si raja hutan tersebut menampakan diri di kawasan Kampung Lanyah. Namun kali ini hewan buas tersebut hanya berjalan di jalan raya sehingga sempat menjadi tontonan para pengendara yang terpaksa berhenti serta kaget dengan kemunculan harimau sumatera itu secara tiba tiba.

Selanjytnya pada malam harinya, Harimau tersebut kembali masuk ke dalam kampung kawasan Lurah Ingo dan Rawang Gadang. Diduga hewan tersebut berkeliaran mengintai mangsa.

Atas peristiwa kemunculan harimau yang meneror warga itu, pihak BKSDA Sumbar yang dibantu TNI/Polri serta warga membuat perkemahan di kawasan sekitar dengan menyiapkan sebuah meriam serta alat bunyi bunyian lainnya.

Namun dari informasi pihak BKSDA, hingga Kamis (3/12) siang harimau itu tidak muncul lagi. Namun untuk antisipasi, pihaknya direncanakan akan berposko di kawasan sekitar hingga 5 hari ke depan. (ss)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here