Catur Virgo Luncurkan Rumah Dakwah

Catur Virgo Datuak Paduko Rajo menggelar acara Grand Opening Rumah Dakwah di Payakumbuh

Sumbartime-Tokoh Masyarakat Luak Limopuluah, Catur Virgo Datuak Paduko rajo meluncurkan Rumah Dakwah yang ia bangun di pusat Kota Payakumbuh, Sabtu pagi (24/03). Kehadiran Rumah Dakwah yang berada di samping Masjid Ansharullah Payakumbuh itu, didirikan dengan maksud untuk tempat belajar Islam dan mengatur strategi dakwah.

“Alhamdulillah, sangat menyejukkan hati saya bertemu dengan para ustadz yang berwajah teduh dan menjadi inspirasi bagi saya. Walaupun saya adalah seorang notaris dan tidak bergerak di bidang dakwah, namun saya ingin berkontribusi untuk kemajuan dakwah Islam di kampung halaman kita ini,” kata Catur Virgo dalam acara Grand Opening Rumah Dakwah yang juga dihadiri oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Datuak Rajo Ka Ampek Suku, unsur Kemenag, MUI Payakumbuh, dan tokoh masyarakat lainnya.

Iklan

Catur mengatakan, selain sebagai tempat kajian agama, Rumah Dakwah juga berperan sebagai tempat mengatur strategi dalam berdakwah. “Kita ingin dakwah ini lebih terkoordinasi dan terarah, serta memanfaatkan kemajuan teknologi khususnya di bidang online,” ujarnya.

Putera Koto Nan Gadang itu menyampaikan bahwa kejahatan yang terorganisir akan mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir. Sebagai contoh, kejahatan narkoba adalah sesuatu yang terorganisir. Maka harus dilawan pula dengan kebaikan dan dakwah yang terorganisir. “Atas motivasi itulah saya mendirikan Rumah Dakwah ini,” tuturnya.

Catur Virgo Datuak Paduko Rajo menggelar acara Grand Opening Rumah Dakwah

Keberadaan Rumah Dakwah tersebut juga disponsori oleh bisnis travel umrah Sulthon Tour and Travel dan bisnis percetakan Virgo Advertising yang berdiri di lokasi yang sama. “Travel ini sebetulnya sudah berjalan di Jakarta dan jamaahnya cukup besar. Kami dirikan di sini sebagai bentuk pengabdian ke kampung halaman dan juga untuk pembiayaan rumah dakwah ini,” kata Pimpinan Sulthon Tour and Travel Ustadz Yanuardi Abu Sarrah, Lc, M. Pd.

Usatdz Yanuardi mengatakan, dalam waktu dekat setelah peluncuran ini, Rumah Dakwah akan segera bergerak mengadakan kajian agama dan training public speaking untuk para da’i. “Insya Allah sebelum Ramadhan ini kita adakan pelatihan bagaimana seorang da’i berbicara di depan layar maupun kamera,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menyambut baik berdirinya Rumah Dakwah dan mengucapkan selamat kepada Catur Virgo dan tim yang sudah mewujudkan hal itu. “Bapak Catur Virgo ini masih terhitung kakak saya. Alhamdulillah beliau mau mengambil tanggung jawab dakwah. Karena pada hakikatnya setiap kita adalah da’i dengan peran kita masing-masing. Apapun itu profesi kita. Nahnu Du’at Qabla Kulli Syai’in. Untuk itu, mari kita dukung bersama-sama,” ujarnya.

Di sisi lain, mantan Senator Sumbar itu mengusulkan agar di komplek Rumah Dakwah juga ada rumah tahfidz. “Tempat ini sangat strategis. Saya usul juga menjadi rumah tahfidz. Alhamdulillah, rumah tahfidz di Payakumbuh mulai banyak, saya siap untuk berkomitmen memberikan anggaran APBD untuk kemajuan rumah tahfidz yang ada di Payakumbuh,” tegas Riza.

Riza menerangkan selama ini ia terus mengupayakan suasana keagamaan yang kondusif di Kota Payakumbuh. Ada Gerakan Subuh Berjamaah, penggalakan wakaf dan sedekah, dan seterusnya. “Saya ingin suatu hari yang melaksanakan Shalat Subuh sama banyak dengan Shalat Jumat. Semoga Payakumbuh menjadi salah satu kota yang paling relijius di Indonesia,” pungkasnya.

Di akhir acara peluncuran Rumah Dakwah, Sulthon Tour and Travel memberikan hadiah doorprize berupa umrah gratis senilai 21, 5 juta pada awal 2019 nanti. Setelah pencabutan doorprize, warga yang beruntung menerimanya adalah Zul Apendi, Guru SMPN 1 Payakumbuh. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here