Bupati Limapuluh Kota Harapkan Sekolah Bisa Berikan Edukasi Pendidikan Karakter

SUMBARTIME.COM-Di era keterbukaan informasi publik ini, pendidikan karakter menjadi hal yang sangat penting dan harus menjadi perhatian bagi peserta didik dalam rangka menumbuhkan spirit religius, ilmu pengetahuan, patriotik serta tanggung jawab bagi siswa generasi penerus terutama untuk jenjang pendidikan dasar.

Hal itu dikatakan oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Sabtu (20/3). Menurutnya, salah satu metode pendidikan karakter bagi peserta didik adalah dengan menumbuhkan semangat cinta tanah air, para pahlawan serta para pemimpin bangsa kepada peserta didik tingkat dasar.

Iklan

Lebih jauh orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota itu menjelaskan bahwa Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi sangat begitu pesat dan tidak dapat dipungkiri lagi akan berdampak pada lahirnya arus globalisasi yang mengakibatkan terjadinya
pergeseran dalam struktur masyarakat.

Derasnya arus globalisasi telah membawa pengaruh terhadap terkikisnya rasa kecintaan dan rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Apabila hal ini dibiarkan maka yang terjadi adalah tidak adanya rasa cinta dan bangga terhadap bangsa sendiri. Menurutnya bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya papar Bupati Limapuluh Kota.

Di satu sisi, Safaruddin Dt Bandaro Rajo menilai pendidikan di sekolah-sekolah, selama ini lebih banyak berorientasi pada hasil
tingginya nilai hasil belajar/prestasi.

Sementara itu sambungnya lagi, kearifan lokal yang terdapat dalam sejarah lokal tidak sempat diperkenalkan kepada mereka melalui pendidikan formal maupun non-formal.

Perkenalan dengan sejarah lokal sering terjadi secara kebetulan atau usaha pribadi atau kelompok kecil tertentu saja. Tidak ada usaha berencana serta terus menerus agar anak-anak didik kita sejak kecil diberikan edukasi pengenalan sejarah kearifan lokal serta para pemimpin mereka.

Dengan demikian, para siswa tidak sempat memanfaatkan kearifan lokal dalam pembangunan karakter bangsa. Karena itu janganlah heran kalau dalam kurun waktu belakangan ini menyebabkan kita sebagai bangsa yang kian tak berkarakter, ungkap Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

Untuk itu, dirinya berharap dan berkenan agar sekolah sekolah utamanya tingkat dasar bisa melakukan edukasi pendidikan karakter pengenalan sejarah lokal beserta para pemimpinnya demi menciptakan sosok manusia yang mempunyai kecakapan hidup pada masa kini dan
masa mendatang, ulas Safaruddin Dt Bandaro Rajo. (rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here