BBPOM Pekanbaru Rilis Pelarangan Produk Kemasan Ikan Kaleng Bermasalah

Tiga produk ikan sarden kalengan yang bercacing.

SumbartimePekanbaru-Setelah melakukan uji labotarium, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Pekanbaru merilis jika ada tiga produk impor ikan makarel kaleng yang terbukti mengandung cacing.

Untuk itu pihak BPOM Pekanbaru meminta agar tiga produk import ikan kaleng tersebut agar ditarik dari peredaran. Masing masing produk tersebut adalah Farmer Jack, Hoki dan IO, ungkap Muhammad Kashuri, Kepala BBPOM Pekanbaru.

Iklan

Menurutnya uji labotarium ini dilakukan pihak BBPOM, berawal dari viralnya video yang beriskan ada cacing di dalam kemasan ikan kaleng di sosmed. Setelah dilakukan uji labotarium ternyata 3 kemasan produk ikan kaleng dari Tiongkok tersebut positif mengandung cacing dan sangat tidak layak untuk di konsumsi.

Namun dari hasil uji labotarium oleh para ahli tersebut, cacing yang ditemukan itu bukanlah cacing pita, melainkan cacing yang bernama Anisakis species, tutur M. Kashuri lagi. Adapun cacing tersebut jika dikonsumsi baik mentah atau di masak akan menimbulkan penyakit, terlibih jika orang yang punya riwayat penyaki asma akan berbahaya, tambahnya lagi.

Untuk itu lembaganya meminta dengan keras kepada importir yang telah memasok makanan kemasan kaleng bermasalah tersebut agar menarik produknya dari pasaran, demikian Khashuri. (tim)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here