7 Gugatan Pilkada di Sumbar Dikabulkan MK, Ketua KPU Sumbar : Tunggu Jadwal Sidang

7 Gugatan Pilkada Sumbar dikabulkan MK

SUMBARTIME.COM-Setelah ditunggu sekian waktu, akhirnya Makamah Konstitusi (MK) memutuskan dan mengabulkan 7 gugatan Pilkada di masing masing daerah kawasan Sumatera Barat.

7 dari gugatan Pilkada itu masing masing 5 Paslon Bupati yakni kawasan Limapuluh Kota dengan penggugat Darman Sahladi-Maskar Dt Pobo, kawasan Pesisir Selatan dengan penggugat Hendrajoni-Hamdanus, kawasan Kabupaten Solok dengan penggugat Nofi Candra-Yulfadri Nurdin, di kawasan Kabupaten Sijunjung dengan penggugat Hendri Susanto-Indra Gunalan, serta di PadangPariaman dengan penggugat Tri Suryadi-Taslim.

Iklan

Sementara 2 gugatan lainnya yang telah teregistrasi di MK yakni 2 Paslon Gubernur Sumbar masing masing, Nasrul Abit- Indra Catri, dan Mulyadi- Ali Mukhni.

Dengan telah dikabulkannya 7 gugatan Pilkada di Sumbar oleh MK tersebut maka nama para penggugat telah tercatat di Buku Register Perkara Konstitusi (BRP) MK RI dan menunggu jadwal untuk disidangkan.

Sementara itu, Ketua KPU Sumbar Amnasmen, Senin (18/1) menjelaskan dengan telah dikabulkannya 7 gugatan Pilkada oleh MK maka KPU Sumbar serta 5 KPU Kabupaten sebagai termohon telah siap dan masih menunggu jadwal sidang, ujarnya.

Lebih jauh Amnasmen mengungkapkan jika jadwal sidang di MK dijadwalkan akan jatuh di tanggal 26 samapi 29 Januari 2021 mendatang. Pada sidang perdana tersebut, menjelis akan memeriksa kelengkapan materi pemohon, alat alat bukti, dan ketetapan pihak terkait, sambungnya.

“Tentu kami (KPU Sumbar dan 5 KPU Kabupaten) akan menyiapkan semua bahan jawaban sebagai termohon, dan itu akan berlangsung pada bulan Februari 2021,” tukuk Amnasmen.

Ketua KPU Sumbar tersebut juga menjelaskan dengan telah dikabulkannya 7 gugatan Pilkada itu, maka secara otomatis pihaknya akan menunda jadwal Pelantikan Gubernur terpilih, tutupnya. (dei)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here