‘Warga Buang Sampah Seberat 3,4 Ton’ ke Mapolres Solok Kota

Ratusan warga buang sampah di Mapolres Solok Kota

Sumbartime-Lebih kurang sebanyak 3,4 Ton sampah kering dibuang oleh masyarakat ke Mapolres Solok Kota, Sabtu 10 Februari 2018. Sampah dibawa dengan Kresek berwarna merah berlogokan  Kepolisian RI yang sengaja didisaig dan dicetak oleh panitia acara Gerakan Pungut Sampah di Kota Solok.

Acara yang dikemas rapi oleh Polres Solok Kota dan Forum Komunitas Wartawan Solok (F-Kuwas) tersebut merupakan kegiatan sosial dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2018, sementara itu acara bersih bersih tersebut bertemakan Satu Aksi Selamatkan Bumi.

Iklan

Dalam mengemas acara yang berpusat dilapangan upacara Mapolres Solok Kota itu, panitia pelaksana acara melaksanakan dengan sistim terbuka untuk umum dan tampa dipunguti biaya alias dilaksanakan secara gratis bagi masyarakat yang akan menjadi pesertanya, dan terlihat pada saat itu ribuan peserta yang ada pada umumnya terdiri dari para pelajar ditingkat SLTP dan SLTA, beserta masyarakat umum lainnya.

Dalam pelaksanaannya, panitia pelaksana acara menyediakan kresek berwarna merah dan membagikannya kepada masyarakat beserta satu lembar kupon yang bertulisan dengan angka, masyarakat dilepas dari Mapolres Solok kota dan saling bersaing mengumpulkan sampah disekeliling kota Solok, dalam hal itu Pasar raya Solok merupakan target utama bagi masyarakat untuk mengumpulkan sampah sebanyak mungkin, namun sebelum kegiatan pungut sampah dimulai terlebih dahulu pada pagi itu para peserta mengikuti senam kesehatan jasmani yang dipandu oleh tiga pelatih senam ternama yang ada didaerah setempat.

Sampah kering yang dikumpulkan itu ditimbang di Mapolres Solok Kota dan dihargai sebesar 2000 rupiah perkilogramnya, sementara itu bagi mereka yang mendapatkan sampah terberat sampai dengan nomor urutan lima besar, akan mendapat hadiah istimewa, dan bagi masyarakat lainnya yang menjadi peserta juga diberikan hadiah hiburan atau dopres, dan pemberian dopres tersebut dilakukan dengan cara mengundi kupon secara acak dan terbuka, dan bagi mereka yang beruntung atau nomor nya keluar saat pengundian dialah yang akan menerima hadiah tersebut.

Antara lain hadiah pungut sampah yang disediakan oleh panitia acara itu adalah, untuk peringkat pertama yakni pengumpul sampah terbanyak dan terberat adalah akan mendapatkan satu buah Sepeda Sport, juara ke II mendapatkan satu buah TV layar Datar 32 inc, Juara III mendapatkan satu buah Lemari Es, juara IV dan ke V mendapatkan Satu paket hadiah yang berisikan Kompor Gas dan Kipas angin, sementara itu untuk hadiah hiburan lainnya panitia menyediakan Megic Jer, Sterika, kompor gas, Kipas Angin, dan alat alat kebutuhan rumah tangga lainnya.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan yang merupakan pencetus kegiatan tersebut mengatakan, Pers merupakan pilar ketiga dalam pembangunan disegala bidang, dan dalam mengimplementasikan keberadaannya ditengah tengah masyarakat, insan Pers yang tergabung kedalam F-Kuwas bersama Polres Solok Kota mencoba untuk meransang masyarakat agar lebih membudayakan hidup bersih dan sehat.

Ada pun beberapa alasan mengapa kegiatan pungut sampah yang digelar pada HPN 2018 ini antara alain adalah, pertama Polres Solok Kota dan F-Kuwas telah lama ingin memberikan penghargaan kepada pasukan kuning yang ada di pemerintahan kota Solok, Pasukan Kuning merupakan sebuah pasukan atau sekumpulan masyarakat yang berkerja dengan sistim kontrak di Dinas Lingkungan Hidup pemerintah kota Solok yang bertugas sebagai pembersih setiap lapangan terbuka di kota Solok.

Dalam satu hari kegiatan pungut sampah dilakasanakan itu semua mereka diistirahatkan dan pekerjaannya di gantikan oleh masyarakat yang menjadi peserta pungut sampah, sehingga masyarakat tersebut juga bisa merasakan bahwa pekerjaan sebagai tukang sapu sampah merupakan pekerjaan yang sangat mulia dan mempunyai arti tersendiri ditengah kehidupan bermasyarakat.

Alasan lainnya kenapa Polres Solok Kota dan F-Kuwas melaksanakan kegiatan Pungut Sampah adalah, merupakan sebuah upaya atau sebuah bukti dari bentuk kepedulian Polres Solok Kota dan F-Kuwas kepada pemerintah daerah dan masyarakat daerah setempat, dengan digelarnya kegiatan ini juga menyimpan sebuah harapan agar dunia tau bahwa masyarakat kota Solok merupakan masyarakat yang cinta dengan hidup bersih dan sehat, ungkap Kapolres yang juga bergelar Pandeka Rajo Mudo tersebut. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here