Uda Uni Kota Payakumbuh dan Rang Mudo Balai Kaliki, Lakukan Giat Promosi Wisata

SUMBARTIME.COM, Dalam rangka mempromosikan budaya dan pariwisata, kepengurusan baru yang terbentuk pada musyawarah besar pada bulan Agustus lalu, Ikatan Uda dan Uni Wisata Kota Payakumbuh mengadakan Solidarity Of Tourism Ambassador (SOTA). 

Dalam kegiatan tersebut Ikatan Uda dan Uni Wisata Kota Payakumbuh ikut mempromosikan Kampung Adat Balai Kaliki sebagai pemenang API award no 3 di Nasional baru-baru ini.

Iklan

Ketua Uda dan Uni Duta Wisata Kota Payakubumbuh Muhammad Ihsan mengatakan, kegiatan berlangsung selama dua hari 18 hingga 19 Desember 2021, yang diadakan di Kampung Adat Balai Kaliki Kota Payakumbuh.

” Dengan kegiatan ini bisa menunjukan ke khalayak bawasanya Uda dan Uni punya peran penting dalam kepariwisataan dan menjadi percontohan pada anak muda dengan kegiatan positif. Saat ini kami berusaha merubah beberapa stigma negatif yang muncul di masyarakat akhir-akhir ini dengan bukti nyata”

Ihsan menambahkan, tujuan dari acara adalah untuk mengumpulkan Uda dan Uni Wisata se Sumatera barat, untuk sembari menambahkan keluh kesah dan kendala serta menyampaikan program kerja masing-masing untuk menciptakan forum komunikasi Uda dan Uni Duta Wisata se Sumatera Barat.

“Selama ini banyak Uda dan Uni Duta Wisata yang tidak saling mengenal, yang mengenal hanya Uda dan Uni Duta Wisata yang juara, sementra yang lainnya tidak memiliki akses untuk hal tersebut” ujar Ihsan.

Pada kesempatan itu para peserta menginap di Rumah Gadang Balai Kaliki, dengan tujuan setiap peserta bisa merasakan suasana tingal, sehingga para peserta mengenal lebih dekat tradisi dan budaya masyarakat Payakumbuh.

Pada kesempatan tersebut, Ihsan menjelaskan acara juga dimeriahkan dengan kegiatan outbound, yang bertujuan mempererat hubungan kekeluargaan antar peserta yang hadir. 

Setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi Sentra Rendang, para peserta diperkenalkan cara dan proses pembuatan rendang. Dalam kegiatan tersebut, Uda dan Uni Duta Wisata Payakumbuh juga berkolaborasi dengan Rang Mudo Balai Kaliki sebagai tuan rumah.

Pada akhir kegiatan Ikatan Uda Uni Payambuh memberikan kenang kenangan Rendang Payakumbuh kepada para peserta dari Kota dan Kabupaten se Sumatera Barat, dan memberikan bendera ambarawa untuk kampung Adat Balai Kaliki.

Acara dibuka oleh Wakil Walikota Payakumbuh H.Erwin Yunaz serta dihadiri oleh pemuka adat kampung adat Balai Kaliki,pembina Uda dan Uni Kota Payakumbuh serta Uda dan Uni Kota dan Kabupaten se Sumatera Barat.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here