TMMD Ke 101 Bagaikan Durian Runtuh, Rasa Haru Meyelimuti Warga Sulit Air Kabupaten Solok

Sumbartime.com,Kabupaten Solok-Rasa haru dan tetesan air mata tak bisa lagi dibendung oleh Rusmayanti (50) warga jorong Linawan, Nagari Sulit Air, Kabupaten Solok saat diwancarai Sumbartime.com pada Sabtu 7 April 2018, terkait seputaran program bedah rumah  tidak layak huni yang didapatkannya itu, puji syukur kepada Sang pencipta terus dipanjatkannya seraya tak henti hentinya mengucapkan terimakasih  kepada Kasdim 0309 Solok,  Mayor Inf Supadi, yang saat itu ikut meminta tanggapan Rusmayanti terkait TMMD/N ke 101 2018 yang telah berlansung selama 4 hari tersebut.

” Kami tak pernah membayangkan akan mendapatkan rumah yang permanen seperti itu, jangankan untuk membangunnya, untuk makan sehari hari saja sangat sulit bagi kami untuk mendapatkannya, ini bagai mendapakan durian runtuh ” tutur Rusmayanti yang terus mengeluarkan air matanya.

Iklan
Loading...

Ungkapan serupa juga dilontarkan oleh warga jorong Talago Laweh, Gusminar (60) dan Darmis (65) warga jorong Perawang, Nagari Sulit Air, Kabupaten Solok, mereka yang juga penerima bantuan bedah rumah tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0309 Solok dan masyarakat daerah setempat yang telah bekerjasama untuk mendirikan rumahnya yang sebenarnya tidak layak untuk ditempati.

Dalam pengakuan dua orang tersebut, baru kali ini dia benar benar dapat merasakan hidup bermasyarakat dan bernegara, dan apa yang baru saja dia dapatkan itu sebelumnya tidak pernah terpikirkan dan dibayangkannya, dan dikatakannya, kenyataan itu  bagaikan dalam mimpi.

” Allah telah mengabulkan doa kami selama ini, dan telah memberikan Rezki kepada kami melalui program yang dilaksanakan oleh Kodim 0309 Solok, dan semoga Allah membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda ” tutur Gusminar dengan rasa haru.

Sementara itu Dandim 0309 Solok, Letkol Arh Priyo Iswahyudi melalui Kasdim 0309 Solok, Mayor Inf Supadi mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) yang telah dibuka secara resmi oleh Bupati Solok pada Rabu 4 April 2018 itu,  akan melaksanakan cakupan pekerjaan meliputi sasaran fisik dan non fisik.

Pada sasaran Fisik  melaksanakan pekerjaan pengerasan atau pengecoran jalan, pembuatan saluran irigasi, serta pekerjaan rehabilitasi  3 unit rumah tidak layak huni, dan dikatakannya TMMD/N merupakan Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu yang melibatkan pemerintah daerah setempat beserta komponen masyarakatnya yang ada, program tersebut merupakan salah satu upaya TNI dalam mendukung program pemerintah dibidang percepatan pembangunan daerah.

Khusus didalam pekerjaan bedah rumah tidak layak huni, Kodim 0309 Solok bersinergi dan mengandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Solok, dan dalam hal itu  Baznas juga menjadi penentu bagi mereka yang akan mendapatkan bedah rumah tersebut agar tepat pada sasarannya.

Seperti yang telah didapatkan dan diberikan kepada ibu Rusmayanti adalah berdasarkan kelayakan, karena dari hasil survey yang dilakukan sebelumnya oleh  Bazanas dan jajaran Kodim 0309 Solok, Rusmayanti adalah seorang janda beranak 3 yang hidup dibawah garis kemiskinan, dan faktor pendukung dari hal itu adalah,  Rusmayanti juga tercatat didalam daftar penerima bantuan rutin yang diberikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Solok, ungkap Mayor Supardi mengakhiri. (Gia)

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here