Tanah Tebing Terban di Kawasan Kapur IX Limapuluh Kota, Seorang Remaja Tewas Tertimbun Material Longsor

Jasad korban sedang dibungkus dalam kantong jenazah

SUMBARTIME.COM-Seorang remaja pria bernama Rendi Saputra (16) warga Nagari Sialang Kecamatan Kapur IX, tewas tertimbun material longsor tebing yang terjadi di kawasan perbukitan Nagari Koto Lamo, Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (30/06) sekira pukul 17.20 WIB.

Sementara itu, teman korban bernama Frengki (14) selamat setelah berhasil menyelamatkan diri keluar dari timbunan material longsor tebing yang terban pada Sabtu sore tersebut.

Iklan

Sebelumnya dari informasi yang berhasil diperoleh, kedua remaja warga Nagari Sialang tersebut sedang memancing di sebuah aliran sungai kawasan hutan perbukitan Kapur IX. Saat  keduanya sedang memancing, hujan deras mengguyur kawasan tersebut.

Tiba tiba, tanpa bisa di elakan tanah tebing di lokasi mereka memancing mengalami terban dan longsor serta menimpa keduanya. Tak lama kemudian Frengki berhasil keluar dari timbunan longsor. Namun saat itu dirinya tidak mendapati keberadaan Rendi Saputra.

Dengan ketakutan, frengki langsung berlari memberitahukan kepada dua  petani gambir yang saat itu sedang berada dalam sebuah pondok untuk meminta tolong mencari temannya yang saat itu masih tertimbun material longsor.

Selanjutnya mereka melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Nagari Koto Lamo, Kapur IX sehingga dengan cepat informasi seorang warga Nagari Sialang sedang tertimbun longsor meluas dengan cepat.

Terpisah, Kabid Kedaruratan dan Bencana BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota, Rahmadinol  membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya butuh waktu cukup lama untuk menemukan tubuh  Rendi Saputra yang ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa, paparnya.

Lokasi kejadian yang cukup jauh dan memakan jarak tempuh 4 jam berjalan kaki, sekira pukul 21.15 WIB, Sabtu malam, korban yang tertimbun berhasil ditemukan oleh pihak BPBD Kabupaten Limapuluh Kota yang dibantu oleh Basarnas, TNI/POLRI, Damkar, serta pihak Puskesmas dan masyarakat.

Selanjutnya, Minggu (1/07) sore, tim evakuasi tersebut telah sampai di Nagari Sialang dengan membawa jasad korban, selanjutnya untuk disemayamkan di rumah duka, demikian Rahmadinol. (aa)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here