Sumber Pasokan Air Bersih Ditutup, PDAM Payakumbuh Laporkan Segelintir Oknum ke Polisi

Gambar ilustrasi

Iklan
Loading...

SUMBARTIME.COM-Buntut dari ditutupnya sumber mata air Batang Tabik Sungai Kamuyang oleh beberapa oknum warga setempat serta perangkat Walinagari, malam ini, Rabu (16/1), pihak PDAM Payakumbuh mendatangi Polres Payakumbuh.

Menurut salah satu pejabat PDAM Payakumbuh, Joserizal, pihaknya akan melakukan pelaporan ke polisi terkait adanya dugaan kriminalisasi terkait penutupan sumber mata air PDAM pada Rabu sore tadi, ujarnya.

Menurutnya aksi penutupan yang diduga dilakukan oleh beberapa oknum masyarakat serta Walinagari tersebut, berpotensi kriminalisisasi dan mengahmbat Hak masyarakat untuk mendapatkan sumber air bersih.

Sementara menurutnya lagi, pihak PDAM, tidak pernah diberi tahu sebelumnya alasan penutupan sepihak sumber mata air tersebut, jelas Joserizal lagi.

Sementara itu dari informasi yang berhasil dihimpun awak media di lapangan, pada Rabu 16 Januari, sekira pukul 17.30 WIB, telah terjadi penutupan salah satu sumber pasokan air ke PDAM Payakumubuh, oleh oknum segelintir warga, Nagari Sungai Kamuyang.

Konon kabarnya penutupan tersebut olah provokasi beberapa oknum yang tidak menerima hasil sosialisasi Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Sumber mata air batang Tabik oleh Pemkab Limapuluh Kota pada Jumat (11/1) kemaren.

Menurut informasi yang berkembang mereka tidak terima jika pengelolaan sumber mata air Batang Tabik dikelola oleh Pemerintah Daerah yang mengacu pada PP 28 Tahun 2018, tentang kerjasama antar Daerah yang telah ditanda tangani oleh Preisden Jokowi pada 12 Juli 2018 silam.

Segelintir oknum warga Sungai Kamuyang tersebut tidak terima jika mata air milik Nagarinya di kelola terkait pernjanjiannya oleh Daerah. Atas penolakan tersebut, mereka melakukan protes dan perlawanan dengan menutup salah satu sumber pasokan air PDAM kota Payakumbuh.

Namun saat awak media menghubungi Walinagari Sungai Kamuyang, melalui sambungan ponsel dengan nomor 08128068xxxx, sampai berita ini diturunkan belum mendapatkan sambungan. (tim)

Baca Juga :  Terkait Persoalan PDAM Payakumbuh Dengan Nagari Sungai Kamuyang, Herry Iswahyudi Angkat Bicara

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here