Seribuan Generasi Milinial Hadiri Deklerasi Damai Pemilu di Solok Selatan

Deklerasi Pemilu Damai di Solsel

SUMBARTIME.COM-Seribuan orang generasi mileneal Solok Selatan (Solsel) memadati Ruang Terbuka Hijau (RTH) Padang Aro, Kecamatan Sangir, Sabtu (22/9). Mereka (generasi mileneal.red) datang dari seluruh penjuru daerah di Solsel, dari tujuh kecamatan.

Kedatangan generasi mileneal Solsel ke RTH dipusat kabupaten ini bukan untuk melancarkan aksi negatif, akan tetapi ikut berpartisipasi dalam Deklarasi damai pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Iven ini diselenggarakan oleh Kepolisian Resor (Polres) Solsel menyongsong helatan pesta demokrasi Republik Indonesia 2019.

Iklan

Disebabkan tumpah ruahnya RTH Padang Aro pada siang Sabtu (23/9) sekira pukul 14.30 WIB oleh generasi mileneal Solsel, maka bisa saja RTH itu nantinya bernama “RTH 1.000 Mileneal Solsel”. Acara deklarasi dimulai dengan atraksi seni Perkusi tim Polres Solsel.

“Kita adalah generasi yang akan membangun Solsel dan bangsa ini.
Nasionalisme jangan sampai keropos, Semangat persatuan perlu ditumbuhkan dalam menyambut pemilu 2019. Mari, bekerja dengan tangan, hati dan pikiran. Bangsa ini butuh keringat kita,” ucap Ketua Ikatan Mahasiswa Solsel, Okta Librian Febri mewakili 1.000 generasi mileneal Solsel ketika memulai sambutannya.

Senada, Ketua OSIS SMAN 1 Solsel, Budi Chaniago menyatakan kegiatan yang diusung Polres Solsel ini cukup menarik karena selain memberikan pemahaman terkait pemilu 2019 damai dan badunsanak. “Generasi mileneal di Indonesia merupakan penentu arah bangsa kedepannya sehingga berperan penting dalam menjaga kehidupan cerdas dalam berbangsa,” katanya.

Selain itu imbuhnya, acara juga menampilkan atraksi bakat bidang seni generasi mileneal Solsel. “Disini kita lihat, generasi mileneal berani menampilkan kepercayaan diri. Ditengah penonton yang sangat ramai. Kemudian, generasi muda telah mampu disiplin, dimana mampu mengkoordinasikan tiap-tiap timnya tetap solid dan kompak ditengah ramainya pengunjung,” katanya.

Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto mengatakan kegiatan deklarasi damai dalam rangka menyosong pesta demokrasi 2019 yang sejuk, damai, nyaman, tentram dan badunsanak di Solsel. “Kita melihat generasi mileneal mempunyai potensi, dengan demikian potensi itu jangan sampai masuk arena yang tidak tepat. Sehingga, kami bersama Forkompinda dan para tokoh serta seluruh elemen peduli supaya mereka tidak ikut terprovokasi pada hal-hal yang tidak baik nantinya pada pesta demokrasi 2019,” ucapnya.

Kemudian, Imam juga mengatakan jika telah melakukan koordinasi dengan Bupati Muzni Zakaria terkait RTH Padang Aro sebagai wadah kreasi kaum mileneal Solsel mengembangkan kreativitas. “Insyaallah dengan pembangunan RTH Padang Aro segera diselesaikan ini bisa terwujud sebagai wadah mileneal Solsel,” ucapnya.

Kapolres juga berharap peran kaum mileneal dan semua pihak untuk menyukseskan pesta demokrasi 2019. “Hati-hati membaca suatu berita, coba dipastikan kebenarannya. Agar bisa menetralisir berita hoax yang dapat memperkeruh keadaan. Tidak perlu luapkan emosi, tapi hadapi dengan hati sejuk. Siapapun yang jadi pimpinan itu yang kita dukung. Tidak lupa, apresiasi pada seluruh pihak yang hadir untuk menyukseskan acrara deklarasi ini,” katanya.

Terpisah tokoh masyarakat Solsel, Alnoperi Sangir Rajo Alam menyebutkan kegiatan deklarasi yang diadakan oleh Polres Solsel sangat berdampak positif karena melibatkan generasi mileneal. “Seperti kita ketahui, atmosfer pemilu 2019 sudah kian terasa hawa ‘panasnya’ sehingga deklarasi ini bisa menetralisir generasi muda dalam hal menentukan sikap dan tidak terbawa arus yang tidak terkoordinir,” ucapnya.

Kegiatan ini, kata Alnoperi mampu mengarahkan generasi muda menghadapi pemilu dan pileg 2019 yang sejuk, damai dan bermartabat.
Apalagi menggunakan ruang publik dipusat kabupaten. “Untuk saran kami, dalam kegiatan serupa kedepan supaya nantinya bisa melibatkan pihak penyelenggara (KPU Solsel.red) karena tema kegiatan berkaitan dengan pihak penyelenggara. Jika dilibatkan pihak penyelenggara mulai dari tingkat desa/nagari, mungkin bakal lebih meriah. Namun demikian, kegiatan ini kita apresiasi sebab sangat bermanfaat positif,” tuturnya.

Bupati Solsel, Muzni Zakaria yang diwakili Asisten I, Fidel Efendi sangat mengapresiasi Kapolres dan jajarannya dalam melaksanakan kegiatan itu. “Kegiatan ini merupakan titik awal sambut demokrasi 2019, kita berharap tinggi partisipasi masyarakat untuk memilih. Ini merupakan sebuah cermin sinergitas dalam membawa perubahan baik untuk bangsa dan daerah. Hendaknya, kita tidak mudah diadu domba, agar pemilu badunsanak jujur adil damai terwujud,” katanya.

Menurutnya, generasi mileneal merupakan usia produktif yang memainkan peran penting dalam kelangsungan berbangsa dan negara.(okto/rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here