Salut! Kapolres Payakumbuh Tanpa Risih Ikut Ayunkan Cangkul Dalam Tanah Lumpur Bencana

Kapolres Payakumbuh turun langsung ke dalam lokasi bencana

SUMBARTIME.COM-Jumat (20/12) pagi, beberapa jam pasca longsor yang terjadi di Jorong Sialang, Nagari Situjuh Tungka, Kabupaten Limapuluh Kota, terlihat puluhan personil aparat kepolisian berbaur bersama masyarakat setempat di tengah lokasi bencana alam.

Puluhan aparat dari Polres Payakumbuh tersebut bersama warga Nagari Situjuah Tungka terlihat membersihkan tumpukan material longsor berupa pasir lumpur dan bebatuan serta ranting pohon setinggi 3 meter yang menutupi akses sarana transportasi masyarakat setempat.

Iklan

Menariknya diantara puluhan personil aparat kepolisian yang berbaur bersama warga dalam arena lumpur itu, terlihat sosok perwira berpakaian dinas dengan pangkat AKBP dibahu, mengayunkan cangkul menebas tumpukan material longsor yang ada di depannya.

Sang perwira yang merupakan Kapolres Payakumbuh Donny Setiawan dengan semangat dan tanpa risih ikut terjun langsung membersihkan serta mengevakuasi sampah longsoran yang menumpuk setinggi 3 meter bersama warga lainnya.

Dengan keringat bercucuran serta celana dinas yang nyaris separonya telah kotor tertutup pasir lumpur, sesekali terdengar suaranya memberikan komando serta semangat baik kepada jajarannya maupun kepada warga demi memberikan rasa aman serta nyaman kepada masyarakat yang sedang berduka.

Tak cukup hanya mengayunkan cangkul, namun sang Kapolres juga ikut menyemprotkan air melalui pipa selang yang cukup besar untuk membersihkan jalanan dari sisa sisa material longsor. Tiga Jam sudah sang kapolres yang juga di dampingi oleh Waka Polres, Kompol Arie, beserta jajaran lainnya terjun langsung dalam arena lumpur berjibaku membersihkan serta mengevakuasi tumpukan lumpur.

Fenomena ini tentu saja menarik bagi warga Anak Nagari Situjuah Tungka. Seperti yang dikatakan oleh Walinagari setempat Yusrizal Dt Pado. Menurutnya, dirinya mengaku salut terhadap Kapolres yang baru beberapa bulan dinas di Wilayah Hukum Polres Payakumbuh tersebut.

Menurutnya biasanya para komandan hanya memberikan perintah serta komando kepada anggotanya tanpa harus turun langsung. Namun hari ini (Jumat) ratusan warga setempat menyaksikan secara langsung seorang Kapolres tanpa risih ikut mengayunkan cangkul dalam arena lumpur akibat bencana alam.

” Dari awal hingga akhir pak Kapolres tetap berbaur bersama warga membersihkan tumpukan material longsoran,” ungkap Yusrizal Dt Pado.

Atas aksi Kapolres yang ikut terjun langsung ke dalam lokasi tersebut, dirinya atas nama Masyarakat anak Nagari Situjuh Tungka memberikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada AKBP Donny Setaawan dan jajaran atas bantuan fisk serta moril kepada masyarakat, tuturnya haru.

Sementara itu terkait kerja bakti Kapolres beserta jajaran di lokasi bencana, menurut salah seorang bintara Polres Payakumbuh menceritakan kepada awak media jika Kapolres pada Jumat pagi, dengan semangat berdasarkan empati terhadap warga yang sedang berduka mengumpulkan puluhan personil di Mapolres untuk ikut berpartisipasi langsung membantu melakukan evakuasi di lokasi.

Namun dirinya benar benar tidak menyangka jika Kapolres ikut turun langsung terjun masuk ke arena lumpur berbaur bersama anggota dan warga membersihakan sampah material longsoran.

” Kaget kami bang. Bapak ikut turun bersama komandan lainnya dari awal sampai selesai,” akunya kepada awak media.

Bintara yang berpesan agar nama serta pangkatnya tidak tulis dengan alasan segan dan belum izin komandan juga memaparkan jika sebelum turun masuk ke dalam lumpur, ada anggota yang izin meminta Kapolres untuk tidak usah turun. Namun yang bersangkutan ngotot turun dan mengatakan jika kehadiran dirinya ke lokasi bencana untuk bantu rakyat dan bukan mau selfie.

” Yah bapak gitu orangnya bang. Nggak mau tenang dan santai jika menyangkut urusan masyarakat,” tutup bintara tersebut mengakhiri pembicaraan.

Terpisah ketika awak media menghubungi Kapolres Payakumbuh AKBP Donny Setiawan melalui sambungan Telepon Seluler, mengaku saat ikut kerja bhakti di lokasi bencana dirinya merasa enjoi saja. Menurutnya ada kepuasan tersendiri jika mampu membantu dan meringankan beban masyarakat terutama bagi warga yang terkena musibah, ujarnya mengatakan.

Ketika disunggung seharusnya Kapolres tak perlu ikut terjun cukup tinggal beri komando serta perintah saja kepada jajaran dan anggota, Donny setiawan justru mengatakan jika kehadiran dirinya di lokasi bencana bukan ingin foto atau mau selfie. Tapi dirinya sengaja datang memang untuk turun langsung ke medan area membersihkan material longsor.

” Nggak usah lebai deh bang. Kapolres itu hanyalah pangkat. sebagai manusia yang beragama kita musti ikut berempati jika ada keluarga maupun masyarakat kita yang terkena musbiah,” tukuknya lagi.

Apalagi sambung Kapolres lagi, jika dirinya berasal dari rakyat dan amatlah wajar jika dia turun langsung membantu meringankan duka yang baru saja dirasakan warga akibat mendapat musibah, tutupnya mengatakan. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here