Rp 40 M Penanggulangan Covid 19, Wako Payakumbuh Ingatkan Staf Agar Bantuan Cepat dan Tepat Sasaran

Wako dan Sekda Payakumbuh

SUMBARTIME.COM-Walikota Payakumbuh Riza Falepi, meminta dan mendesak agar anggotanya segera bekerja cepat untuk mendata para calon penerima bantuan.

Dirinya meminta agar tiga hari ke depan persoalan pendataan bagi masyarakat penerim bantuan prosesnya sudah fix, ungkapnya mengatakan, Selasa (7/4).

Iklan

“Kasihan kita dengan kondisi ekonomi masyarakat yang lesu akibat dampak Covid 19,” ungkap Riza.

Menurutnya terkait bantuan bagi warga ada estimasi sebanyak Rp 40 Milyar yang harus dicairkan Pemko Payakumbuh dalam rangka menanggulangi pandemi Covid 19.

Adapun dana tersebut akan dipergunakan untuk biaya percepatan dan operasional penanganan Covid-19, seperti pengadaan APD dan pengadaan obat-obatan, senilai lebih kurang Rp8,5 M. Selain itu dana tersebut juga akan dipergunakan untuk memberikan bantuan langsung bagi warga masyarakat yang terdampak, jelasnya.

Untuk itu, Walikota Payakumbuh itu menekankan dengan sangat kepada Sekdako, Ridha Ananda, Asisten II Elzadaswarman serta Kepala BKD Syafwal, untuk secepatnya menghitung anggaran penanganan Covid-19. Selanjutnya kepada Camat serta Lurah agar benar benar menjalankan fungsi mereka secara serius dalam mendata warga yang patut dan seharusnya mendapatkan bantuan, agar tepat sasaran.

“Kita harus bekerja cepat, tepat. Jangan tunggu rakyat menjerit dulu,” tandas Riza Falepi. Wali Kota Dua periode menyebut mulai Bulan April Pemko Payakumbuh akan segera menyalurkan bantuan kepada 44 ribu masyarakat Kota Payakumbuh yang penghasilannya tidak tetap akibat pandemi covid-19 sampai beberapa bulan kedepan.

Selain itu, Riza Falepi juga menyebutkan, menjelang anggaran bantuan untuk penanggulangan corona bagi warga kurang mampu, direncanakan pada Rabu 8 April 2020 Pemko melalui Dinas Sosial akan mebuka dapur umum di dekat tugu Adipura, tutupnya.

Sementara itu informasi dari Sekdako Payakumbuh, Ridha Ananda, menyebutkan saat ini ada data estimasi sementara 44 ribu warga yang akan mendapatkan bantuan. Selanjutnya pihaknya bekerja sama dengan para Camat serta Lurah untuk tetap terus melakukan pendataan agar bantuan yang diberikan kepada masyarakat, benar benar tepat sasaran.

Sebelumnya pada beberapa waktu yang lalu, Perang terhadap korona semakin gencar dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, Selasa (07/04) bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari empat organisasi masyarakat dan pemerintah untuk pencegahan covid-19 di Kota Payakumbuh kembali diterima oleh Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota Payakumbuh bersama Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh beserta jajaran di lobi kantor Balai Kota Payakumbuh.

“Pagi ini Pemko Payakumbuh menerima bantuan dari Himputan Bersatu Teguh (HBT) Cabang Kota Payakumbuh, Badan Musyawarah Perbankan Daerah Sumbar, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi,” kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat menerima bantuan.

Adapun bantuan yang diterima dari HBT Cabang Kota Payakumbuh yang diserahkan oleh Thomas Wiryo Pranoto berupa APD Ponco Suite 50 buah, sarung tangan 3000 buah, masker N95 60 buah dan APD Baju Hazmad 50 buah.

Dari Badan Musyawarah Perbankan Daerah Sumbar yang diberikan oleh Wahyu Purnama A berupa 45 set APD.

Sedangkan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang diserahkan oleh sekretarisnya Rukiyat yang memberikan bantuan untuk setiap Puskesmas di Kota Payakumbuh serta RSUD Adnaan WD kota Payakumbuh dengan rincian masing-masing mendapat Sensi Mask 3-ply 150 pcs, Face Guard 12 pcs dan Vicee 500 1 kotak/100 tablet.

Kemudian dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi diserahkan langsung oleh Kabid Kepesertaan Yori Pratama berupa Hand Satinizer ukuran lima liter 3 dirijen serta sarung tangan 4 kotak isi 50 buah. **

#lipsusbidhumaspemkopayakumbuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here