Polres Solok Kota Tingkatkan Pelayanan Publik Berbasis Eletronik

Sumbartime.com-Memberikan pelayanan prima kepada masyarakat merupakan bagaian tugas yang menjadi perioritas utama bagi kami, dan meningkatkan pelayanan publik untuk mendongkrak standar kepuasan masyarakat menjadi hal terpenting yang harus kami lakukakan, tutur Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan kepada Sumbartime.com, Jumat 20 April 2018 di Mapolres Solok Kota.

Dikatakannya, dalam upaya meningkatkan pelayanan publik harus diawali dari semangat untuk melayani, dan hal itu  harus terlahir dari nurani pelayan itu sendiri, sehingga dalam melakukan kewajiban yang harus diembannya bisa melebihi tuntutan tugas yang harus dijalankannya, dan demikian standar kepuasan masyarakat akan dapat meningkat.

Iklan

Walaupun konstitusi RI telah mengatur dan memberikan acuan terkait standar pelayanan, seperti standar pelayanan pengaduan yang  diatur dalam peraturan mentri PAN & RB RI nomor 24 tahun 2014 tentang Pedoman penyelenggaraan pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara Nasional, namun kami akan tetap berupaya untuk meningkatkan pelayanan tersebut, seperti halnya meningkatkan cara pelayanan yang berbasis eletronik.

Pelayanan berbasis Eletronik bukanlah program yang baru mengapung dalam kehidupan masyarakat, hanya saja masyarakat kurang menbudayakan dan enggan untuk mememakai cara tersebut, mungkin juga hal itu dilatarbelakangi oleh kebiasaan atau kurangnya pemahaman masyarakat tentang AITI.

Namun juga tidak bisa dupungkiri, kepuasan masyarakat dalam memperoleh pelayanan atau dalam melakukan pengaduan kepihak kepolisian, akan terasa apabila dilakukan secara lansung  ke instansi terkait, dan dengan demikian tugas baru telah menantang kami untuk meransang masyarakat agar membudayakan penggunaan AITI dalam melakukan pengaduan.

” Selain hemat waktu itupun merupakan cara yang sangat praktis, dan masyarakat tidak perlu cemas, Polres Solok Kota akan selalu menindak lanjuti setiap pengaduan atau laporan yang disampaikan oleh masyarakat, baik yang dilakukan secara lansung maupun melalui eletronik, ungkap Kapolres Solok Kota.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan pengaduan masyarakat,  Polres Solok Kota telah meningkatkan kemasan sistim yang telah ada sebelumnya, hal itu dibagi atas tiga pelayanan, diantaranya adalah, Pengaduan yang bersifat lansung, dalam hal itu akan dilayani oleh seksi Profesi dan pengamanan Polres Solok Kota, dan sebagai Penanggung jawab Kasi Propam Ipda Amrizal SH Hp.  085375171111.

Pengaduan yang disampaikan melalui surat, dengan alamat pengaduan Kapolres Solok Kota, jalan Aipda K.S Tubun No.02 kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, kode pos 27321, dalam hal itu akan dilayani atau diproses  oleh Kepala Seksi umum Polres Solok Kota Bripka Syafrikawati no Hp. 081363487206.

Sementara itu bentuk pelayanan lain yang disajikan oleh Polres Solok Kota adalah pengaduan yang bisa disampaikan oleh masyarakat melalui sarana informasi, yakni bisa disampaikan melalui telphone (0755-21110, dan Call Center (110), atau Website www.polressolokkota.org, atau Email polressolokkita.71@gmail.com, atau Webmail, admin@polressolokkota.org, atau Facebook, Ressolokkota, Instargram, polres.solokkota, Twitter, polressolokkita, serta telephone selular, WA, Telegram pada nomor 6282285025050.

Lebih jauh orang nomor satu di jajaran Polres Solok Kota itu mengatakan, segala bentuk pengaduan atau laporan masyarakat itu disajikan secara gratis alias tampa dipungut biaya oleh Polres Solok Kota, dan setiap pengaduan akan segera diproses secepatnya, dan segala bentuk perkembangannya akan disampaikan kepada yang bersabgkutan. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here