Pertanyaan Mentri KemenKominfo ” Yang Bayar Gaji Siapa”, Tuai Kritikan

Rudiantara sindir pegawai yang pilih 02

SUMBARTIME.COM-Viralnya video Menteri Kementerian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara yang menanyakan gaji kepada PNS di kementeriannya ditanggapi banyak kalangan.

Mantan Kepala Staf Umum TNI, Letjen (purn) Johannes Suryo (JS) Prabowo mengkrtik ucapan Rudiantara yang menanyakan siapa yang bayar gaji ASN. Menurutnya, ASN merupakan pegawai negeri yang pada zaman dulu disebut sebagai abdi negara.

Iklan

Sebagai abdi negara tentu mereka mendapatkan gaji dari negara, ujar JS.

“Jadi yang nggaji ASN itu bukan presiden, iya kan?” tanyanya dalam akun Twitter pribadi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). 

Sementara  Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman mengatakan, jika video itu benar, itu adalah kemunduran dalam berbangsa dan bernegara, tuturnya.

“Smg pak @jokowi tahu bhw ada menterinya yg naif seperti ini,”kata Sohibul melalui akun twitternya @msi_sohibuliman, Kamis (31/1/2019).

Seperti diketahui, viralnya video Mentri Kominfo yang menanyakan siapa yang bayar gaji? kepada salah satu anak buahnya tersebut terjadi pada acara Kominfo Next di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (31/1).

Saat itu, Rudiantara meminta ratusan pegawai Kemenkominfo memilih stiker sosialisasi Pemilu 2019. Diketahui bahwa ada dua desain stiker, yaitu stiker pertama berwarna dasar merah sebagai penanda paslon nomor 01. Desain kedua berwarna dominan putih, sebagai penanda paslon nomor 02.

Selanjutnya dia meminta ratusan anak buahnya memilih nomor urut mana. Saat itu mayoritas ratusan pegawai KemenKominfo memilih nomor urut 02, sehingga Rudiantara menyindirnya.

Bahkan Mentri KemenKominfo tersebut menyuruh seorang ASN wanita untuk naik keatas pentas dan meminta untuk menjelaskan apa alasannya wanita tersebut memilih nomor 02.

Namun tak disangka jawaban pegawai wanita tersebut menjurus kepada Pilpres 2019.

“Bismillahirrahmanirrahim, mungkin terkait keyakinan saja, Pak. Keyakinan atas visi-misi yang disampaikan nomor dua, yakin saja,” ucap pegawai perempuan tersebut.

Mendengar jawaban tersebut, Rudiantara pun mengatakan bahwa ia bertanya soal desain stiker, bukan pilihan di Pilpres 2019.

Selanjutnya, ketika pegawai pemilih desain nomor dua berjalan ke tempat duduk, Rudiantara berteriak memanggilnya lagi. Rudiantara menanyakan kepada si pegawai siapa yang membayar gaji PNS. “Bu! Bu! Yang bayar gaji ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa? Hah?” teriak Rudiantara.

Mendengar pertanyaan Rudiantara, pegawai perempuan itu pun membalikkan badan dan menjawab yang kemudian ditimpali Rudiantara. “Bukan yang keyakinan ibu? Ya sudah makasih,” kata Rudianta. (bn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here