Menjadi Dirreskrimsus Polda Sumbar Gadungan, Seorang Pria Berhasil Raup Uang Penipuan Rp 35 Juta

konprensi pers kasus penipuan di Mapolda Sumbar

SUMBARTIME.COM-Mengaku sebagai Dirreskrimsus Polda Sumbar dan sempat meraup uang hasil penipuan sebanyak Rp 35 Juta, seorang pria berinisial GHW (32) warga Lapai, Kota Padang diringkus polisi, Rabu (6/1).

Pria yang mengaku sebagai Kombes Pol Joko Sadono Dirreskrimsus Polda Sumbar gadungan tersebut ditangkap di kawasan Nanggalo Kota Padang.

Iklan

Menurut Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stake Bayu, Jumat (8/1) menjelaskan, jika GHW diduga telah melakukan modus penipuan melalui media sosial (medsos) dengan mengaku ngaku sebagai Dirreskrimsus Polda Sumbar.

Modus yang dilakukan pelaku yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut yakni dengan menghubungi orang orang yang memiliki akun medsos yang terhubung dengan Dirreskrimsus Polda Sumbar.

Selanjutnya GHW yang mengaku sebagai Direktur Kriminal Khusus Polda Sumbar, mencari secara acak akun akun yang terhubung. Setelah calon korban didapatkan oleh tersangka, selanjutnya dirinya menghubungi korban dan meminta sejumlah uang dengan alasan tertentu.

Dalam kasus ini baru diketahui jumlah korban ada dua orang. Untuk korban pertama, tersangka meminta uang sebanyak Rp 20 Juta dengan alasan untuk keperluan dinas serta transportasi.

Korban yang sempat tertipu mengirimkan uang melalui transfer bank sebanyak dua tahap. Selanjutnya untuk korban kedua, pelaku berhasil mendapatkan uang sebanyak Rp 15 Juta dengan modus serta alasan yang sama.

Saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolda Sumbar bersama barang bukti yakni 7 unit ponsel serta dua buah buku tabungan dan ATM.

Polda Sumbar juga mengimbau masyarakat jika ada yang merasa ikut menjadi korban penipuan oleh tersangka agar melapor, papar Stake Bayu. (dei)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here