Kawanan Pencuri Ternak Digulung Satreskrim Polres Payakumbuh, 35 Ekor Sapi dan Kerbau Berhasil Dibantai

Kawanan Peter diringkus Satreskrim Polres Payakumbuh

SUMBARTIME.COM-Polres Pyakumbuh berhasil menggulung kawanan pelaku ternak yang kerap beraksi dan bikin resah warga Pyakumbuh dan Limapuluh Kota.

Dalam gelaran jumpa pers, Rabu (12/2) sing di Mapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan yang didampingi Kasatreskrim AKP Ilham Indarwaman menjelaskan jika pihaknya telah berhasil menggulung dan meringkus 11 orang kawanan pencuri ternak.

Iklan
Loading...

Ke 11 orang tersebut, masing masing berinisial YP (21), IM (26), HC (39), RF (30), MF (26), AK (50), DA (18), MN (38), EP (20), JM (18), dan NH (17). Saat ini semuanya sudah ditahan dan dalam proses menunggu persidangan.

Menurut Kapolres AKBP Dony Setiawan lagi, dari 11 kawanan tersebut, 9 orang adalah pelaku aksi dan 2 orang penadah. Mereka ditangkap dalam kurun waktu yang berbeda dan lokasi yang juga berbeda, di kawasan Sumbar dan Jawa.

Modus aksi yang dilakukan oleh kawanan pencuri ternak ini adalah mengintai ternak terutama sapi yang memakai tali arung, di bawa keluar dari kandang dan di bantai dekat lokasi. Setelah berhasil membantai, dibawa dengan menggunakan kendaran roda empat. Selain dibantai ada juga yang dibawa keluar hidup hidup dengan kendaraan meninggalkan lokasi.

Adapun wilayah lokasi aksi pencurian mereka meliputi Wilkum Polres Payakumbuh di 15 TKP, daerah Kota Pyakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Di wilayah hukum Polres Limapuluh Kota ada 9 TKP, di Tanah Datar 2 TKP, di Bukitinggi ada 4 TKP.

Total ternak yang mereka curi berjumlah 35 ekor baik sapi maupun kerbau. Separonya ada yang dijual hidup ke penadah dengan harga berkisar Rp 10-13 Juta. Sementara untuk ternak yang dipotong di lokasi dijual dengan harga Rp 8 Juta per ekor.

Saat ini kawanan pencuri ternak itu sudah diamankan bersama barang bukti berupa 2 unit senjata tajam berupa pisau, tali pengikat, tali arung, serta ponsel milik para pelaku, papar AKBP Dony Setiawan. (aa)

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here