JUARA PEMBUAT RENDANG ITU MENERIMA HADIAH DARI WAKO SOLOK

Wako Solok Berikan Hadiah Kepada Pemenang Rendang

SUMBARTIME.COM-Tepatnya pada Rabu 16 Mei 2018, di ruangan rapat walikota Solok, para juara pembuat Rendang itu menerima hadiah serta sertifikat sebagai tanda penghargaan dari kemahirannya dalam meramu rempah rempah dan bumbu lainnya untuk membuat makanan Khas Minang tersebut.

Disaksikan oleh seluruh pimpinan SKPD yang ada, Walikota Solok, Zul Elfian,SH.M.Si menyerahkan penghargaan berupa trophy, piagam, serta pengganti uang transportasi para peserta yang masuk kedalam tiga besar festival membuat Rendang yang telah dilaksanakan pada beberapa hari yang lalu.

Iklan

Rendang adalah makan khas Minang Kabau yang terbuat dari potongan daging sapi atau daging ayam, para ibu rumah tangga biasanya mencampur potongan daging tersebut dengan kacang tanah, ubi kayu, atau kentang kecil.

Festival membuat rendang yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Solok itu, diselenggarakan disaat MenPAN RI dan Kepala LAN RI mengunjungi kota Solok dalam rangka menghadiri Display Inovasi kota Solok tahun 2018, di kawasan terminal Bareh Solok pada beberapa hari yang lalu, dan sebagai penghormatan Rendang terenak atau pemenang festival itu ditentukan oleh tamu tersebut.

Disela kesempatannya itu saat memberikan hadiah atau penghargaan kepada pemenang festival tersebut, walikota Solok mengatakan, makanan juga merupakan ciri khas salah satu daerah yang harus tetap dibudayakan secara turun temurun kepada generasi penerus.

Di Minang kabau atau didaerah Sumatera Barat, para perempuan diwajibkan bisa membuat atau memasak Rendang sesuai dengan resep yang dimiliki oleh daerah tempat tinggalnya sendiri , dan masakan Rendang merupakan salah satu kuliner pokok disaat masyarakat mengelar perhelatan kenduri atau resepsi lainnya.

Lebih jauh pimpinan daerah kota Solok itu mengatakan, masakan Rendang merupakan Aset daerah Minang Kabau yang tercatat secara nasional, selain menjadi ciri Khas dari daerah tersebut, masakan Rendang juga menjadi wadah komunikasi antar daerah yang ada di Sumatera Barat, karena masing masing daerah tersebut memiliki resep atau bumbu yang berbeda dalam pembuatan Rendang tersebut.

Selain itu, didalam hubungan bermasyarakat, masakan Rendang juga dijadikan sebagai hadiah untuk tamu yang datang atau sebagai kado yang dikirimkan untuk teman, sahabat, atau kerabat lainnya yang tinggal diluar daerah Sumatera Barat, papar walikota Solok mengakhiri.

Dari liputan Sumbartime.com, dari 15 time peserta yang ada, pemerintah daerah kota Solok, hanya memberikan hadiah kepada pemenang pertama sampai pemenang ketiga, dan saat memberikan hadiah tersebut, walikota Solok didampingi oleh wakil walikota Solok. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here