Insiden di Pacuan Kuda Kembali Terjadi, Panitia Abaikan Keselamatan Penonton?

penonton pacuan kuda di Payakumbuh masuk arena lintasan pacuan

SUMBARTIME.COM-Melalui akun Facebooknya Walikota Payakumbuh Riza Falepi sangat menyayangkan insiden kecelakaan yang terjadi di arena pacuan kuda tentang seorang bocah laki bernama M. Ridho Billah di tabrak oleh salah satu kuda yang sedang berpacu di Gelanggang Kubu Gadang, Senin (25/2) kemaren.

Menurut kepala daerah tersebut, insiden itu tidak perlu terjadi jika panitia pelaksana kegiatan mampu melakukan antisipasi dini dengan menyiapkan keutamaan keselamatan (Safety First) pengunjung, ucapnya.

Iklan
Loading...

Menurut Riza telah berulang kali dia sampaikan ke panitia acara, agar hal ini perlu diperhatikan setiap menggelar ‘Alek Pacu Kudo’ di Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang Payakumbuh. Namun keluhnya lagi, himbuannya tersebut seperti tak dianggap oleh panitia.

Padahal lintasan pacuan kuda itu sangat berbahaya sekali bila ada penonton yang dibiarkan berada di lokasi saat kuda sedang berpacu, namun hal yang sangat penting itu selalu luput dari pantuan panitia kegiatan papar Riza Falepi lagi.

Untuk itu dirinya kedepan akan berfikir dan mengkaji ulang ivent pacuan kuda tersebut akan diadakan kembali di Payakumbuh jika keutamaan keselamatan penonton tidak menjadi kajian bagi panitia acara, ujarnya kepada awak media, Rabu (25/2).

Sementara itu, hal yang sama juga banyak dilontarkan oleh masyarakat terkait minimnya pengamanan pada setiap kegiatan pacuan kuda di Kubu Gadang Kota Payakumbuh. Masyarakat menilai kerja panitia dianggap jauh dari kata profesional dalam menggelar kegiatan.

Keselamatan penonton yang mestinya menjadi prioritas utama oleh panitia, kalah dengan berapa hasil pemasukan yang didapatkan dalam setiap ivent kegiatan, ujar masyarakat.

” Panitia lebih mementingkan di sisi bisnisnya dari pada keselamatan penonton,” ujar Soni salah satu masyarakat mengatakan.

Menurut catatan warga insiden tabrakan di arena pacuan kuda yang memakan korban menonton, telah beberapa kali terjadi di Kubu Gadang. Terakhir insiden itu kembali terjadi lagi pada Senin 25 Februari 2019 kemaren, ujar masyarakat lagi.

Terpisah, dalam rekaman video detik detik terjadinya tabrakan antara korban bocah laki laki bernama M. Ridho Billah dengan salah satu kuda yang sedang berpacu di lintasan pacuan, mengambarkan jika panitia kegiatan terindikasi tidak profesional dalam mengemas acaranya.

Bagaimana mungkin ditengah kuda yang sedang berpacu masuk finis sementara saat bersamaan puluhan penonton merengsek masuk dalam arena tanpa ada satupun pihak keamanan yang berusaha menghalau penonton agar menjauh dari lintasan, ujar warga bertanya.

Untuk itu beberapa masyarakat sepakat dengan Walikota Payakumbuh agar bisa mengkaji ulang kegiatan yang bersifat Alek Nagari tersebut jika faktor kemananan dan keselamatan pengunjung terabaikan. (aa)


Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here