Ini Visi dan Misi Paslon SAFARI Menuju Limapuluh Kota Madani

SUMBARTIME.COM-Bakal paslon Pilkada Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri (SAFARI) telah mendaftar ke KPU Limapuluh Kota, kemarin, Minggu lalu (5/9). Dalam kesempatan tersebut, Datuak Safar sempat membeberkan soal visi pasangan dari Mudiak-Harau tersebut.

“Insya Allah, visi kami adalah Mewujudkan Limapuluh Kota yang Madani, Beradat, dan Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” ujar Datuak Safar.

Iklan

Dijelaskan politisi Partai Golkar tersebut, madani adalah masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota yang harmonis, demokratis, menjunjung tinggi etika, moralitas, transparan, toleransi, berpotensi, aspiratif, bermotivasi, berpartisipasi, mampu berkoordinasi, sederhana, sinkron, integral, emansipasi, menghargai hak asasi dan nilai-nilai kemanusiaan, serta maju dan modern dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Sementara, Beradat dan Berbudaya adalah masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota yang santun bertutur kata, sopan dalam berperilaku sesuai dengan adat istiadat dan budaya yang ada, mengekspresikan dan menghargai nilai-nilai adat budaya dalam kehidupan bermasyarakat luas. 

Nilai-nilai Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah adalah kondisi dimana seluruh unsur pemerintah, lembaga, organisasi dan masyarakat secara bersama-sama mewujudkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau dalam setiap aktivitas kehidupan yang berlandaskan kepada ajaran agama Islam.

Sementara, bakal calon wakil bupati, Rizki Kurniawan Nakasri, sempat mengirimkan dokumen visi misi SAFARI kepada wartawan. Berikut misi dan fokus utama pembangunan yang dirangkum dari dokumen visi misi sebanyak 28 halaman itu. 

Misi

Dalam rangka pencapaian visi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan kondisi dan permasalahan yang ada, tantangan ke depan, serta memperhitungkan peluang yang dimiliki, maka ditetapkan misi sebagai berikut:

Misi pertama :  “Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan”

Misi Kedua: “Mendorong pertumbuhan dan perkembangan Ekonomi lintas sektoral yang memiliki keunggulan ditingkat lokal dan regional”

Misi Ketiga: “Mendorong potensi Nagari sebagai poros Pembangunan Daerah”

Misi Keempat: “Meningkatkan kualitas layanan publik melalui reformasi birokrasi seutuhnya”

Misi Kelima: “Meningkatkan pembangunan infrastruktur secara terpadu yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik” 

Fokus Utama Pembangunan.

Untuk memberikan arahan terhadap pembangunan yang dilakukan setiap tahunnya perlu ditetapkan fokus utama pembangunan daerah, antara lain :

  1. Penyelesaian fondasi dasar Pembangunan IKK Sarilamak.
  2. Pengembalian fungsi kawasan yang berkelanjutan sesuai dengan peraturan yang ada.
  3. Peningkatan peran limbago adat dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.
  4. Pembangunan kawasan-kawasan pinggiran, strategis dan cepat tumbuh dalam rangka pemerataan pembangunan.
  5. Peningkatan jumlah pintu gerbang (akses) masuk dan keluar baik antar daerah maupun antar provinsi.
  6. Peningkatan kuantitas dan kualitas jalan sebagai urat nadi kehidupan.
  7. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana lembaga pendidikan.
  8. Pengembangan daerah tujuan wisata utama dan wisata pendukung lainnya.
  9. Menciptakan peluang-peluang usaha baru di sektor pertanian, peternakan dan pariwisata.
  10. Pemanfaatan lahan terlantar menjadi lahan produktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here