Ingin Hadiri Safari Politik Ma’aruh Amin, Bupati Limapuluh Kota Dihadang Bawaslu

Bupati Limapuluh Kota dihadang Bawaslu

SUMBARTIME.COM-Maksud hati ingin menghadiri safari politik Ma’aruh Amin di Gor M. Yamin Kota Payakumbuh, Kamis (7/2), namun apa daya Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi harus mengelus dada dan menahan Malu.

Adalah Bawaslu Kota Payakumbuh menghadang dan menghambat langkah Kepala Daerah tersebut saat hendak akan memasuki Gor. M Yamin. Saat orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota melangkah di halaman Gor M. Yamin, tiba beberapa orang dari Bawaslu mencegatnya.

Iklan
Loading...

Sempat terjadi argumen diantara mereka, namun tak lama kemudian dengan wajah menahan malu serta kesal, Bupati Limapuluh Kota terpaksa kembali balik masuk ke dalam kendaraan dan meninggalkan lokasi acara.

Momen dan peristiwa tersebut sempat diabadikan oleh beberapa awak media, namun sayang wartawan tak sempat meminta klarifikasi kepada yang bersangkutan, karena Bupati keburu melangkah pergi.

Sementara, menurut keterangan dari Bawaslu Kota Payakumbuh, M. Khadafi saat dimintai keterangan terkait penghadangan yang dilakukan oleh pihaknya, mengatakan jika pihaknya bukan menghadang tapi mereka hanya mempertanyakan kapasitas Bupati Limapuluh Kota hadir di acara Safari Politik Ma’aruh Amin.

“Bawaslu hanya mempertanyakan kapasitas Bupati hadir di kegiatan politik”, ujar M. Khadafi Ketua Bawaslu Payakumbuh, kepada awak media.

Dijelaskan olehnya, sesuai dengan ketentuan PP No 32 tahun 2018 pasal 35, 36 dan 38 , tentang tidak bolehnya Kepala Daerah Kampanye di hari kerja. Dan jika ikut berkampanye harus mengajukan cuti.

“Pihak Bawaslu mempertanyakan kepada Bupati Limapuluh Kota apakah yang bersangkutan punya izin cuti untuk ikut berkampanye”, papar M. Khadafi.

Namun ungkapnya lagi, saat peristiwa Bupati Limapuluh Kota tidak bisa menunjukan bukti kuat jika dirinya memperoleh izin cuti. Untuk itu Bawaslu dengan secara hormat melarang Bupati Limapuluh Kota untuk menghadiri kegiatan, demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan tandasnya. (rd/ary)

Baca Juga :  Inilah Pejabat Eselon II Yang Dilantik Bupati LimapuluhKota Bersama Pejabat Eselon III dan IV

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here