Gerak Cepat, Pemko Payakumbuh Bentuk Tim Khusus Penanganan Virus Corona

SUMBARTIME.COM-Dengan telah keluarnya radiogram dari Kementerian Dalam Negeri terkait dalam rangka mengantisipasi dan pencegahan Infeksi Virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kota Payakumbuh segera quick responsif. Dipimpin oleh Sekretaris Daerah Rida Ananda langsung mengadakan rapat mendadak bersama kepala OPD terkait di ruangan kerjanya, Kamis (5/3).

Pemko Payakumbuh akan segera membuat tindakan dengan membentuk Tim Khusus Penanganan Virus Corona yang sedang dipersiapkan bersama Forkopimda dan stakeholder terkait.

“Tim ini dibentuk agar nanti pencegahan kasus Virus Corona tidak menimbulkan dampak destruktif kepada aspek lainnya seperti sosial dan ekonomi. Sementara itu kampanye kesehatan juga harus dilakukan agar masyarakat menerima informasi yang jelas dan tidak simpang siur terhadap kasus ini,” kata Sekda Rida Ananda.

Sebelum menerima Radiogram itu, antisipasi kasus Virus Corona (Covid-19) di Kota Payakumbuh sudah sampai ke level bawah, Wali Kota Riza Falepi mewanti-wanti jajaran Dinas Kesehatan untuk mewaspadai setiap titik penyebaran virus berbahaya yang sudah menjangkiti dunia internasional ini.

“Kita sudah menurunkan petugas untuk melaksanakan penyuluhan dan pengawasan tentang pencegahan korona sampai ke masing-masing kelurahan, bahkan disetiap posyandu dilakukan penyuluhan,” kata Wali Kota Riza Falepi didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal, Kamis (5/3).

Bahkan, untuk di level kota, Pemko juga memasang spanduk, baliho, dan leaflet tentang himbauan untuk waspada virus corona.

Pemko Payakumbuh tidak diam, Wali Kota Riza juga lebih lanjut meminta masyarakat untuk tidak panik, tapi tetap menjaga diri dari penularan virus corona dengan cara hidup bersih dan sehat. Meningkatkan konsumsi sayur dan buah, bahkan ditambah suplemen vitamin C atau B komplex jika memungkinkan.

“Kita himbau warga untuk tidak banyak berkegiatan dan keluar masuk wilayah yang ramai orang-orang dan dihimbau juga untuk tidak keluar rumah di malam hari, itu pemicu rendahnya imun tubuh, sehingga mudah tertular oleh virus corona,” kata Riza.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal mengatakan belum tentu semua yang terpapar akan dapat tejangkiti virus corona, namun kuncinya tetap harus waspada untuk tidak berkontak dengan virus tersebut.

“Meskipun belum ada temuan kasus sampai sekarang di Payakumbuh, tapi kita wajib menghindarkan diri untuk tidak kontak dengan virus corona, mari tingkatkan kewaspadaan,” kata Bakhrizal.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here