Dinilai Temukan Dugaan Politik Uang, Warga Parupuk Tabing Laporkan Paslon Mulyadi Ali Mukhni ke Bawaslu Sumbar

temuan barang bukti yang dilaporkan warga

SUMBARTIME.COM-Warga Parupuk Tabing, Kota Padang, ramai ramai melaporkan Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Mulyadi- Ali Mukhni ke Bawaslu Sumbar, Sabtu (3/10) sekira pukul 14.00 WIB.

Pasalnya warga Parupuk Tabing tersebut menemukan adanya dugaan dan indikasi politik uang yang dilakukan oleh Paslon tersebut.

Iklan

Informasinya, sejumlah warga kawasan setempat menemukan kantong sembako bergambar Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mulyadi-Ali Mukhni.

Dalam kantong sembako yang berisikan beras, kalender serta gambar pasangan paslon Mulyadi-Ali Mukhni tersebut ditemukan oleh warga pada pertengahan September 2020, atau sebelum masuk masa kampanye yang dimulai 26 September 2020.

Atas temuan tersebutlah warga bersama kuasa hukum mereka, melaporkan adanya dugaan indikasi pelanggaran ke Bawaslu oleh Paslon nomor urut satu tersebut.

Menurut kuasa hukum warga Afirman, mengatakan terkait temuan tersebut warga Parupuk Tabing melaporkan terkait adanya indikasi kecurangan serta dugaan politik uang yang dilakukan Palson nomor urut satu.

Hal itu menurutnya lagi dinilai telah melanggar undang-undang pilkada nomor 10 tahun 2016 pasal 73 ayat (1).

Adapun temuan dari warga tersebut berawal dari adanya sejumlah orang yang membagikan tote bag lengkap yang bersi beras, kalender, serta foto paslon di tengah masyarakat pada pertengahan September 2020 sebelum masa kampanye dimulai, pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sumbar, Elly Yanti mengatakan pihaknya masih mengkaji terhadap laporan warga tersebut.

Menurutnya laporan warga itu akan keluar pada dua hari ke depan. Hal itu dilakukan oleh Bawaslu Sumbar yakni mengkaji apakah laporan tersebut telah memenuhi syarat formil dan materil, tuturnya.

Jika laporan tersebut dinilai telah memenuhi persyarakatan, maka selanjutnya dilakukan registrasi serta dibahas dengan Gakkumdu, jelasnya. (dei)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here